Bawaslu Maluku Utara Gencar Pantau Langsung Coklit di Kabupaten Halmahera Selatan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

10 Juli 2024 08:35 10 Jul 2024 08:35

Thumbnail Bawaslu Maluku Utara Gencar Pantau Langsung Coklit  di Kabupaten Halmahera Selatan Watermark Ketik
Kordinator Dastin Bawaslu Malut Sumitro (Kemeja Putih) di dampingi Ketua Bawaslu Halsel Rais Kahar dan Anggota Hijrah Kamuning saat mengawasi langsung coklit (9/7/2024) (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara memantau serta mengawasi langsung proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di Kabupaten Halmahera Selatan Selasa, (9/7/2024).

Kali ini, salah satu wilayah di Halsel yang di awasi Pemutakhiran data pemilihnya adalah wilayah desa Bajo Kecamatan Botang Lomang.

Pengawasan melekat ini dipimpin langsung anggota Bawaslu Maluku Utara (Malut) Sumitro Muhammad yang didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Rais Kahar serta Hijrah Hi. Kamuning, anggota.

Hadir pula Ketua KPU Halmahera Selatan Tabrid S. Talib, Ketua dan anggota PPK, serta Panwaslu Kecamatan Botang Lomang.

Sumitro di kesempatan itu mengatakan, pengawasan tahapan pencoklitan di Halsel merupakan tanggung jawab murni Bawaslu dalam mengantisipasi adanya kecurangan di tahapan pungut hitung nantinya.

Sebagai langkah wajib Bawaslu dalam mengawasi segala tahapan Pemilukada, Sumitro inginkan seluruh warga di Halsel yang telah wajib pilih harus akurat terdata oleh petugas Pencoklitan (Pantarlih)

"Kami ingin memastikan bahwa setiap warga yang berhak memilih tercatat dengan benar dan tidak ada pemilih ganda atau pemilih fiktif," ucap Sumitro.

Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi (Datin) juga menegaskan, untuk menjamin integras dan kredibilitas data pemilih, interaksi terhadap warga menjadi hal penting bagi penyelenggaraan Pemilukada yang transparan di jamin.

"Ini merupakan bagian dari komitmen Bawaslu untuk menjamin integritas dan kredibilitas data pemilih, yang merupakan salah satu elemen penting dalam menyelenggarakan pemilihan yang demokratis dan transparan," jelas Sumitro.

“Proses coklit harus dilakukan dengan teliti dan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan agar tidak ada data yang terlewat atau salah,” sambungnya.

Dengan begitu, Sumitro berharap kesadaran masyarakat terkait pentingnya partisipasi dalam pemilihan menjadi lebih mudah di sosialisasikan, serta dapat memastikan akuratnya data pemilih.

“Dengan data pemilih yang valid dan akurat, pemilihan serentak 2024 diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih oleh rakyat," tutup Sumitro.(*)

Tags:

Bawaslu Maluku Utara halmahera selatan Pengawasan Pencoklitan Pemilukada 2024
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1