Beredar VT Kondisi Toilet Wisata B29 Kotor dan Bau

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

6 Agustus 2023 04:03 6 Agt 2023 04:03

Thumbnail Beredar VT Kondisi Toilet Wisata B29 Kotor dan Bau Watermark Ketik
Kondisi toilet wisata B29 Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kab Lumajang . (Tangkapan layar TikTok)

KETIK, LUMAJANG – Sebuah akun Tiktok bernama Lumajangaksi, tadi malam, Jumat (4/8) mengunggah sebuah video yang menggambarkan kotornya sarana toilet umum dari wisata B29 Desa Argosari, Kecamatan Senduro Lumajang.

Dalam unggahan tersebut, terlihat dengan jelas, kotornya toilet di kawasan wisata tersebut bahkan airnya juga tidak tersedia. Sementara kawasan wisata B29 tersebut cukup diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Dalam unggahan ada narasi, kotornya toilet di B29 tersebut kontras dengan pemandangan alam Wisata B29 yang sangat bagus. Wisata yang sering disebut Negeri di Atas Awan ini, ternyata juga menghadirkan kotornya toilet yang dirasa cukup menganggu jika wisatawan memerlukan toilet tersebut.

Menanggapi unggahan ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Ir. Yuli Harismawati mengatakan, kendala di B29 adalah air yang tidak bisa naik ke Puncak B29. Selama ini disiasati oleh pengelola dengan mengangkut air dari bawah menuju puncak B29. Namun selalu tidak cukup, karena air tersebut diangkut dengan menggunakan sepeda motor.

“Kendalanya memang air. Kalau tidak salah dulu memang ada pompanya, namun air tidak bisa naik sampai ke Puncak B29. Sudah saya hubungi pengelolanya, dan ternyata kendalanya memang ketersediaan air,” kata Yuli Harismawati.

Yuli Harismawati juga mengatakan, bahwa toilet tersebut telah cukup lama dibangun, sebelum dirinya menjadi kepala Dinas Pariwisata.

“Itu sudah lama dibangun oleh Dinas Pariwisata. Rencananya pada tahun anggaran 2024, akan kita anggarkan perbaikan sekaligus diusahakan agar air bisa sampai ke Puncak B29 dengan lancar. Kalau memang harus menggunakan pompa air, tentu harus kita pilih yang bagus dan kuat,” kata Yuli. (*)

Tombol Google News

Tags:

Toilet wisata b29 kotor Wisata Lumajang berita lumajang hari ini