Berhemat Belanja Internet di 27 OPD di Lumajang, Diskominfo Lakukan Penataan Infrakstrukur Fiber Optik

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Faizin

21 Oktober 2023 14:56 21 Okt 2023 14:56

Thumbnail Berhemat Belanja Internet di 27 OPD di Lumajang, Diskominfo Lakukan Penataan Infrakstrukur Fiber Optik Watermark Ketik
Penataan fiber optik untuk OPD di Lumajang (Foto : Diskominfo Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan memaksimalkan akses layanan internet di masing-masing perangkat daerah melalui jaringan intra fiber optik.

Langkah itu, merupakan bagian dari salah satu fokus Diskominfo Lumajang dalam melakukan penataan infrastruktur pada sisi digitalisasi.

"Kami sudah mendata minimal kebutuhan akses internet dari beberapa perangkat daerah yang tersaluri fiber optik, ada 27 perangkat daerah kemarin yang sudah melaporkan," kata Plt. Kepala Diskominfo Lumajang, Mustaqim saat dikonfirmasi di sela kegiatannya, pekan ini.

Mustaqim juga mengatakan, bahwa saat ini fiber optik yang ada di 27 perangkat daerah, rencananya akan dipusatkan melalui satu pintu dari Diskominfo.

Menurut Mustaqim, selain bisa menghemat belanja internet, hal itu juga dapat meningkatkan akselerasi pelayan publik berbasis online.

Sementara, fiber optik itu sendiri, memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya yaitu mampu mewujudkan internet berkecepatan tinggi.

"Itu bagian hal infrastruktur yang kita tata, tentunya tujuan gol utamanya adalah terwujudnya Smart City di Lumajang, khususnya dari sisi digitalisasi," jelasnya.

Oleh karena itu, Mustaqim mengharapkan, agar pembangunan fiber optik, nantinya dapat dikembangkan di seluruh perangkat daerah di Lumajang.

"Mudah-mudahan, kedepan ini bisa dikembang di masing-masing Perangkat Daerah," harapnya.

Tombol Google News

Tags:

penataan fiber optik diskominfo Lumajang berita lumajang hari ini akses layanan internet jaringan intra fiber optik