Bersama Masyarakat, Bupati Aji Pimpin Aksi Bersih Sampah Pantai Pancer Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

9 Juni 2023 11:03 9 Jun 2023 11:03

Thumbnail Bersama Masyarakat, Bupati Aji Pimpin Aksi Bersih Sampah Pantai Pancer Pacitan Watermark Ketik
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat pimpin Peserta Aksi Bersih Sampah Pantai Pancer Door Pacitan (Foto: Prokopim Pacitan)

KETIK, PACITAN – Dalam rangka kampanye Beat Plastic Pollution dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Pacitan (Pemkab Pacitan) menggelar aksi bersih sampah pantai Pancer Door Pacitan.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan, telah disadari, akibat penggunaan sampah plastik, kerusakan ekosistem dan pencemaran lingkungan tidak bisa ditanggulangi. Solusi untuk mengatasi persoalan ini, harus dilakukan bersama-sama mulai hulu hingga hilir.

"Untuk mengatasi sampah plastik ini tidak mudah karena biasanya sesuatu hal yang menggunakan plastik itu lebih murah," katanya, Jumat (09/06/2023).

Pemungutan sampah plastik dilakukan disepanjang bibir pantai. Kemudian, setelah sampah telah terkumpul dan ditimbang, akan diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Nampak antusias, ratusan masyarakat dari berbagai komponen, seperti, Aparatur Sipil Negara (ASN), pelaku bisnis, pegiat lingkungan ikut ambil bagian dalam aksi tersebut. Pun peserta aksi wajib membawa air minum dari rumah berwadah tumbler, sebagai bentuk aksi, mengurangi penggunaan sampah plastik.

Foto Penandatanganan kerjasama antara PT.PLN dengan 2 Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) (Foto: Prokopim Pacitan).Penandatanganan kerja sama PT. PLN dengan 2 Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) (Foto: Prokopim Pacitan).

Bupati Aji berharap, kampanye ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik. Mengingat kebanyakan sampah berasal dari limbah rumah tangga.

Senada, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan Cicik Roudlotul Jannah menyampaikan, perlu adanya gebrakan yang lebih serius dalam mengatasi masalah ini. Kekhawatirannya, ada pada sampah plastik yang berpotensi memicu terjadinya perubahan iklim.

"Resolusi plastik ini merupakan langkah besar dunia untuk mengurangi polusi plastik mengingat semakin mengkhawatirkannya permasalahan plastik ini terhadap perubahan iklim," ujarnya.

Lanjut, dalam aksi tersebut, PT. PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Pacitan telah bekerja sama dalam penyelenggaran program pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan hidup ke depan. Ditandai dengan penandatanganan lembar kerjasama antara PT.PLN dengan 2 Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R).

Lebih lanjut, dalam upaya pengenalan lingkungan sejak dini, Pemkab Pacitan juga menyerahkan penghargaan Adhiwiyata kepada 5 lembaga sekolah yakni, SDN 2 Bogoharjo, SDN 1 Belah, SDN 1 Pagerejo, SDN 2 Donorojo dan SDN 1 Bandar.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemkab pacitan sampah