Bertekad Terus Cetak Lulusan Berjiwa Enterpreneur, Unair Bangun Zona Ekonomi Terintegrasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

15 September 2023 15:16 15 Sep 2023 15:16

Thumbnail Bertekad Terus Cetak Lulusan Berjiwa Enterpreneur, Unair Bangun Zona Ekonomi Terintegrasi Watermark Ketik
Rektor Unair Mohammad Nasih dan Gubernur Khofifah saat meninjau pembangunan Plaza Unair, (15/9/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk mengukuhkan diri sebagai enterpreneurship university, Universitas Airlangga (Unair) kembali membangun fasilitas baru yang diberi nama Plaza Unair. Plaza Unair ini nantinya akan dikembangkan sebagai pusat kewirausahaan bagi para civitas akademika di lingkungan kampus, selain itu juga sebagai wadah para mahasiswa untuk mengembangkan karyanya.

Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan sebagai salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia, Unair ingin memberikan kontribusi untuk mencetak SDM unggul dalam menyambut generasi Indonesia emas 2045. Oleh sebab itu dirinya ingin agar Plaza Unair ini dapat memfasilitasi para mahasiswa untuk berkembang.

"Salah satu perhatian kita adalah enterpreneurship, dimana kita ingin lulusan Unair dapat menjadi pengusaha yang nantinya dapat menciptakan lapangan kerja dan membangun generasi emas 2045," jelas Nasih, Jumat (15/9/2023).

Saat ini Plaza Unair masih dalam tahap pembangunan, gedung seluas 3300 meter persegi ini ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan 2024. Nantinya gedung ini akan memiliki retail area, food court, ruang diskusi, poliklinik, dan hall yang mampu menampung 500 orang.

"Plaza Unair dibangun dengan konsep zona ekonomi yang terintegrasi dan juga pelayanan kesehatan," tambahnya.

Sementara itu ditemui di tempat yang sama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan dengan pembangunan gedung ini nantinya diharapkan dapat menjadi penguatan start up baru yang dikembangkan oleh mahasiswa Unair. Selain itu juga untuk menguatkan posisi Unair sebagai Enterpreneurship university.

"Peran serta Unair sangat besar mengingat posisinya di Surabaya yang akan menjadi penopang IKN saat mulai dibuka tahun depan. Karena banyak tenaga ahli dan barang jasa akan dikirim via Surabaya," tuturnya.

Sebagai salah satu Alumni Unair, Khofifah mengajak para alumni untuk bergotong-royong membangun negeri melalui kompetensi masing-masing. Mengintegrasikan program-program yang ada agar bisa membawa dampak bagi masyarakat.

"Mensilaturahimkan program dan pikiran agar dapat muncul understanding diantara kita, trust diantara kita dan respect dalam membangun bangsa," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unair Plaza Unair Gubernur Khofifah Mohammad Nasih Enterpreneurship mahasiswa