Bupati Pacitan Letakkan Batu Pertama Program P3-TGAI

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Rudi

19 Mei 2023 13:13 19 Mei 2023 13:13

Thumbnail Bupati Pacitan Letakkan Batu Pertama Program P3-TGAI Watermark Ketik
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat srawung sedulur tani sebelum meletakkan batu pertama program P3-TGAI (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN Tak tanggung-tanggung Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada tahun 2023 ada  102 desa yang tersebar di 12 Kecamatan yang mendapatkan program
Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementerian PUPR).

Jumlah itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun 2022,  ada 73 Desa. Hal itu, menurut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji merupakan perkembangan yang baik dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya  petani.

"Program ini sudah ada sejak 2013, ada desa yang sudah beberapa kali dapat ada juga yang belum. Meskipun belum bisa memenuhi semua keinginan, sudah pasti membantu mengurangi persoalan petani," katanya, Jumat (19/05/2023).

Sembari datang di acara Srawung Sedulur Tani di Desa Ketro, Kecamatan KebonagungnPak Bupati Pacitan menambahkan, salah satu dari 15 desa penerima manfaat program P3-TGAI di Kecamatan Kebonagung. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dibanding kecamatan lainnya. Dalam kesempatan tersebut Mas Aji melakukan peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi program P3-TGAI Desa Ketro sepanjang 362,31 meter.Foto Bupati Pacitan meletakkan batu pertama program P3-TGAI di Desa Ketro (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Bupati Pacitan meletakkan batu pertama program P3-TGAI di Desa Ketro (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

"Tolong program ini benar-benar dijaga agar manfaat dan daya pakainya lebih lama," imbuhnya.

Program Perceparan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola. Adapun jenis kegiatan pelaksanaan P3-TGAI terdiri dari, rehabilitasi jaringan irigasi, peningkatan jaringan iriigasi, pembangunan jaringan irigasi.

"Semoga dengan bantuan program ini akan menambah motivasi masyarakat petani Desa Ketro dalam mengolah lahan pertaniannya," ujar Kades Ketro, Winardi.

Selepas acara, Mas Aji menyempatkan diri menyaksikan Turnamen Bola Voli Klepu Cup di Dusun Klepu, Desa Ketro.(*)

Tombol Google News

Tags:

P3-TGAI Peletakan Batu Pertama Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pacitan