Cari Bakat di Bidang TIK, UB Jadi Tuan Rumah GEMASTIK

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

13 September 2023 12:15 13 Sep 2023 12:15

Thumbnail Cari Bakat di Bidang TIK, UB Jadi Tuan Rumah GEMASTIK Watermark Ketik
Foto Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek Tatang Muttaqin saat Menyerahkan Piala Bergilir ke WR III Dr. Setiawan Noerdajasakti. (Foto: Humas UB)

KETIK, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) berkesempatan menjadi tuan rumah Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XVI Tahun 2023. Kegiatan tersebut merupakan inisiasi Kemendikbudristek untuk mencari bakat mahasiswa di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK).

Final GEMASTIK XVI diselenggarakan secara luring pada 12-16 September 2023. Sebanyak 221 tim dari 70 perguruan tinggi yang terbagi dalam 11 divisi lomba tergabung dalam kompetisi tersebut.

Ketua GEMASTIK XVI Drs. Muhammad Arif Rahman mengatakan bahwa jumlah peserta sebelum lolos ke babak final tahun ini mencapai 2.781 tim dari 315 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Ada banyak peserta yang mendaftar GEMASTIK XVI yaitu 2.781 tim dari 315 perguruan tinggi. Tapi yang bisa lolos ke babak final hanya ada 221 tim dari 70 perguruan tinggi. Tentu persaingannya sangat ketat," ujarnya pada pembukaan di Gedung Samantha Krida UB, Rabu (13/9/2023).

Sementara itu Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek Tatang Muttaqin menyampaikan mengenai salah satu fokus rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN). Dimana peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing perlu diimbangi dengan penguasaan IPTEK sebagai katalis pertumbuhan ekonomi.

“Kemdikbudristek berkomitmen memfasilitasi generasi muda bertalenta. Salah satunya melalui penyelenggaraan GEMASTIK untuk menguji dan meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap TIK sekaligus meningkatkan kepedulian dan kesadaran mahasiswa dalam manfaatkan IPTEK untuk menghasilkan produk inovasi berdaya saing tinggi,” ungkap Tatang.

Ia berharap mahasiswa yang berpartisipasi dalam GEMASTIK tidak hanya unggul dalam bidang TIK. Kesempatan berkolaborasi membentuk karakter mahasiswa yang berprestasi, kreatif tangguh, dan cinta tanah air juga diharapkan dapat terwujud. 

Hal ini sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mendorong mahasiswa unggul dalam akademik dan menjadi individu yang inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Dr. Setiawan Noerdajasakti meminta supaya GEMASTIK dijadikan wadah untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa. Pemikiran yang inovatif dan keahilan dalam bidang teknologi sangat diperlukan oleh mahasiswa.

“Sebagai tuan rumah, UB merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Puspresnas dan Kementerian. GEMASTIK diharapkan akan menjadi wadah inspirasi bagi para mahasiswa TIK untuk terus berinovasi dalam membantu memecahkan permasalahan di masyarakat melalui teknologi,” kata Noerdajasakti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Brawijaya GEMASTIK XVI TIK teknologi UB Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka