Dibuka Bupati Halmahera Selatan, Turnamen Pemuda Khatulistiwa Cup I Kecamatan Kayoa Resmi Bergulir

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

4 Oktober 2023 16:19 4 Okt 2023 16:19

Thumbnail Dibuka Bupati Halmahera Selatan, Turnamen Pemuda Khatulistiwa Cup I Kecamatan Kayoa Resmi Bergulir Watermark Ketik
Bupati Halsel Usman Sidik (Topi) dan Ketua Panitia Risaldi Abdullah saat Penyerahan uang Tunai (4/10/2023) (Foto: Risaldi for Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Turnamen Sepak Bola Pemuda Khatulistiwa Cup I Desa Guruapin Kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara resmi bergulir di lapangan SMA Negeri 2 Halsel, pada Rabu, (4/10/2023).

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik. Pembukaan dilangsungkan dengan kick off perdana antara Eksekusi Fc Wakil Soma Kecamatan Pulau Makian versus Puskesmas Larombati Kayoa Utara yang di menangkan Eksekusi Fc dengan skor telak 5-1.

Turnamen sepak bola ini diikuti 53 tim yang terdiri dari 48 tim untuk kategori umum, 11 tim untuk usia 12, dan 14 tim untuk usia 14 tahun.

Foto Logo Turnamen Pemuda Khatulistiwa Cup I 2023 (Foto Risaldi/Ketik.co.id)Logo Turnamen Pemuda Khatulistiwa Cup I 2023 (Foto Risaldi fot Ketik.co.id)

Usman Sidik dalam sambutannya berharap para tim yang ikut berpartisipasi menjunjung tinggi Fair Play. Menurut Usman, sepak bola sejatinya untuk menguatkan rasa persahabatan dan persatuan terlebih khusus untuk Turnamen Khatulistiwa Cup I yang diikuti oleh generasi muda sepak bola di tingkat desa Kecamatan Kayoa maupun Kecamatan tetangga.

Bupati juga mengingatkan agar keamanan dan ketertiban lebih diutamakan selama pertadingan berlangsung antara pendukung tim hingga pemain yang berlaga. Bahkan ia menegaskan, akan memberi sanksi bagi tim yang melakukan kericuhan apalagi saat ini telah memasuki tahun politik.

“Apalagi ini memasuki tahun pemilu, tidak boleh ada kekacauan. Kalau ada kedapatan tim dari desa yang kacau, kita akan black list. Karena itu dia tidak bisa ikut pertandingan sampai kapanpun. Jadi kalau ada masalah di lapangan, selesaikan di lapangan. Jangan bawa-bawa di luar,” tegas Bupati.

Foto Tim  Keseblasan Eksekusi Fc dan Tim Puskesmas Larombati (Foto Anto Gani)Tim Kesebelasan Eksekusi Fc dan Tim Puskesmas Larombati (Foto Anto Gani for Ketik.co.id)

Bupati juga menyatakan bakal memberikan bonus tersendiri kepada tim yang keluar sebagai juara dalam Turnamen Khatulistiwa Cup I tersebut.

“Panitia saya serahkan bantuan Rp 25 juta. Ada bonus lagi, tapi satu-satu dulu (saya kasih),” katanya.

Terpisah, Ketua Panitia Pemuda Khatulistiwa Cup I Risaldi Abdullah kepada media online Ketik.co.id mengatakan, meski telah menerima uang tunai sebesar 25 juta pemberian Bupati, masih terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan pertandingan. Risaldi mengatakan, Turnamen Pemuda Khatulistiwa Cup I masih dirundung kekurangan tenaga perangkat pertandingan.

"Syukur Alhamdulillah dan terima kasih kepada Bupati, Panitia dapat kucuran dana sebesar 25 juta rupiah dari Bupati. Namun untuk kelangsungan pertandingan kami masih kekurangan tenaga wasit," katanya.

Ketua panitia sekaligus Wasit PSSI Halsel aktif ini berharap, selain ingin sukses pertandingan, dia berharap pembinaan sepak bola usia dini dan pelunasan lahan lapangan agar dapat terealisasi juga.

"Bupati menjanjikan pembebasan lahan lapangan sepak bola dengan nilai 300 juta di depan masyarakat Guruapin pada saat sambutan. Harapannya pembinaan usia dini dan realisasi lapangan sepak bola supaya dapat cepat terlaksana," pungkas Risaldi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemuda Khatulistiwa Cup I Kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan Bupati Halsel Usman Sidik Risaldi Abdullah