Dosen UIN KHAS Jember Menjadi Pemakalah pada Konferensi Internasional

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

26 Juni 2023 12:36 26 Jun 2023 12:36

Thumbnail Dosen UIN KHAS Jember Menjadi Pemakalah pada Konferensi Internasional Watermark Ketik
Dosen UIN KHAS Jember mempresentasikan makalah di International Conference of Islamic Universities, Senin (26/6/2023) (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

KETIK, JEMBER – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mengirimkan sejumlah dosennya sebagai pemakalah pada International Conference of Islamic Universities di Brunei Darussalam. Kegiatan ini diselenggarakan oleh AIUA (Asian Islamic Universities Association) padal 26-28 Juni 2023.

AIUA  merupakan wadah asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk berkolaborasi dan kerja sama antar universitas yang ada di Asia.

Konferensi ini bertempat di Indera Samudera Grand Hall, The Empire Brunei. Diikuti oleh para pimpinan PTKI se-Indonesia, selain itu peserta juga berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, Australia dan lainnya.

Konferensi tingkat Asia ini bertajuk Islamic Higher Education Landscape in the 21st Century: Strategies and Visions.

Dalam kegiatan tersebut, UIN KHAS Jember mendelegasikan empat dosen. Di antaranya Dr. H. Shoni Rahmatullah Amrozi, M.Pd.I, Dr. Hj. Erma Fatmawati, M.Pd.I, H. Moch Imam Machfudi, S.S., M.Pd., Ph.D dan Sofkhatin Khumaidah, M.Ed., Ph.D. 

Dr. Erma menyampaikan makalahnya bertema Model Integration of Islamic Boarding Schools and Universities: Student Typology and Curriculum Study of Student Boarding Schools. Ia mengaku senang bisa mengikuti konferensi internasional ini.

“Alhamdulillah sudah selesai presentasi. Senang bisa mengkolaborasikan keilmuan dari berbagai negara,” ungkapnya. 

Dia menjelaskan alasan mengangkat tema Model Integration of Islamic Boarding Schools and Universities yang mengarah kepada bagaimana model integrasi pesantren dengan perguruan tinggi.

“Kita lebih mengarah kepada bagaimana pembelajaran tipologi dan kurikulum pesantren yang berintegrasi dengan perguruan tinggi,” lanjut dosen Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) tersebut.

Dr. Erma juga mengajak para dosen UIN KHAS Jember agar lebih mengembangkan literasinya melalui karya tulis ilmiah.

"Karena hal itu untuk memperkuat keilmuan di bidang masing-masing dan meningkatkan nilai pengembangan potensi diri seorang dosen," pesannya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UIN KHAS Jember AIUA International Conference of Islamic Universities Asian Islamic Universities Association