Dosen Unair Masuk World’s Top 2 Persen Scientist 2024 Bidang Perikanan dan Kelautan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 September 2024 11:15 30 Sep 2024 11:15

Thumbnail Dosen Unair Masuk World’s Top 2 Persen Scientist 2024 Bidang Perikanan dan Kelautan Watermark Ketik
Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (UNAIR), Veryl Hasan.(Foto: Humas Unair)

KETIK, SURABAYA – Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (Unair) Veryl Hasan terpilih menjadi World’s Top 2% Scientist 2024 versi Stanford University dan Elsevier.

Penghargaan tersebut membuat Veryl merasa bahagia, dirinya tidak menyangka masuk dalam jajaran top dua persen peneliti dunia dalam kategori Agriculture, Fisheries, and Forestry.

Pencapaiannya ini menambah daftar prestasi yang berhasil Unair raih di kancah internasional.

"Pencapaian ini merupakan bukti pengabdian Unair dalam bidang penelitian," jelas Veryl, Minggu 29 September 2024.

Lebih lanjut, dalam penelitiannya Veryl mengangkat isu iktiologi. Iktiologi adalah ilmu yang mempelajari jenis-jenis ikan, baik secara taksonomi, lingkungan, maupun biologi.

Tidak hanya itu, konservasi perikanan dan kelautan turut menjadi cakupan penelitian yang membawanya menjadi ilmuwan terbaik dunia.

"Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki potensi yang besar dan strategis dalam sektor perikanan," tambahnya.

Potensi tersebut tentu harus dikembangkan lebih baik lagi, dengan melibatkan para peneliti dan profesional. Hal ini penting agar sektor perikanan dapat dikelola dengan benar sembari memperhatikan kelangsungan ekosistem laut.

"Kami memiliki Fakultas Perikanan, memegang peranan yang strategis untuk menggapai kemajuan dalam sektor perikanan," paparnya.

Sebagai lembaga pendidikan, Unair memberikan dukungan besar di bidang penelitian melalui Lembaga Inovasi pengembangan Jurnal, Penerbitan, dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI).

Dalam melakukan penelitian terdapat skema-skema yang sangat beragam, baik bagi peneliti pemula maupun peneliti yang sudah ahli. 

"Unair sangat mendukung penelitian, baik yang paling mendasar bagi pemula maupun peneliti yang sudah expert," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan penelitian Perikanan Unair Kelautan top dunia