Dukung Palestina, Muhaimin Iskandar: Indonesia Menolong Diri Sendiri dan Bangsa Lain!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

1 November 2023 07:58 1 Nov 2023 07:58

Thumbnail Dukung Palestina, Muhaimin Iskandar: Indonesia Menolong Diri Sendiri dan Bangsa Lain! Watermark Ketik
Cawapres RI, Muhaimin Iskandar saat menghadiri Sharing Session di Unisma. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI menunjukkan dukungannya terhadap Palestina yang kini mendapatkan ancaman dan serangan dari Israel.

Pernyataan tersebut dilayangkan oleh Muhaimin Iskandar saat menghadiri Sharing Session di Universitas Islam Malang (Unisma) pada Rabu (1/11/2023).

Dalam pidatonya, Muhaimin menjelaskan bahwa Indonesia perlu menjadi negara yang unggul untuk dapat menolong dirinya sendiri dan negara lain. 

"Dengan umat Islam terbanyak di dunia, Indonesia bisa menolong dirinya sendiri sekaligus bangsa lain yang sedang menderita di berbagai belahan dunia," ujar Muhaimin di hadapan mahasiswa.

Pihaknya berkomitmen bahwa dalam waktu dekat, Indonesia dapat menjadi penolong utama bagi negara Palestina untuk keluar dari belenggu genosida.

"Khususnya saudara kita di Palestina, hari ini mereka tidak berdaya. Tidak ada satu pun negara di seluruh dunia yang mampu menolong. Insyaallah Indonesia dalam waktu dekat siap menjadi penolong utama saudara kita di Palestina," lanjutnya.

Menurutnya, kebudayaan menjadi bagian vital yang bersumber dari keterlibatan rakyat dalam menciptakan perubahan positif. Berangkat dari semangat untuk melanjutkan demokrasi, perlawanan terhadap otoritarianisme dapat dilakukan. 

"Saya mengajak mari kita lanjutkan demokrasi. Melawan otoritarianisme dan sentralisme dalam melaksanakan dan menjalankan seluruh pengelolaan negara dan bangsa kita. Dengan semangat itu saya yakin Indonesia akan cepat unggul, tidak hanya menolong rakyat Indonesia sendiri tapi juga bangsa lain," ujar Muhaimin.

Dalam mewujudkan komitmen tersebut, Indonesia harus mempersiapkan diri dengan menjadi negara yang unggul dari berbagai aspek. Ia yakin Indonesia mampu menjadi tumpuan peradaban dunia di tengah ketidakberdayaan negara lain terhadap nilai kemanusiaan.

"Kiblat peradaban sudah tidak menentu akibat krisis. Barat tidak berdaya menolong kemanusiaan, Timur tidak berdaya menolong genosida, peperangan, hingga krisis kelaparan di Afrika. Saatnya Indonesia menyiapkan diri menolong bangsanya sekaligus bangsa di belahan dunia lainnya," sebutnya.

Untuk itu Muhaimin Iskandar meminta restu dan dukungan rakyat Indonesia dalam mewujudkan kehidupan yang lebih makmur, adil, dan sejahtera. 

"Mas Anies Baswedan dan saya bertekad Indonesia mampu menjadi tumpuan dan harapan bagi peradaban dunia. Mohon doa restu dan dukungan semoga tekad untuk Indonesia lebih adil, makmur, dan sejahtera ini terwujud dalam waktu sesingkat-singkatnya," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anies Baswedan Muhaimin Iskandar Tim Amin Bela Palestina Free Palestine UNISMA