Gelar Apel Siaga, Ketua Bawaslu Jatim: Panwas Harus Tekan Potensi Pelanggaran

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Marno

10 November 2023 06:05 10 Nov 2023 06:05

Thumbnail Gelar Apel Siaga, Ketua Bawaslu Jatim: Panwas Harus Tekan Potensi Pelanggaran Watermark Ketik
Panwascam se-Kota Surabaya foto bersama setelah mengikuti Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024. (Panwascam Benowo Mujiono for Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur melaksanakan Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024, di lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Jumat (10/11/2023), pukul 07.00 WIB.

Apel menyambut Pemilu Damai 2024 dan memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023 ini diikuti oleh 2.418 peserta. Rinciannya peserta terdiri dari 1.998 orang Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 666 Kecamatan se-Provinsi Jawa Timur, 176 orang anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, 7 orang anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, 80 pejabat struktural di lingkungan Bawaslu se-Jatim, 83 staf sekretariat Bawaslu, jajaran Forkopimda Provinsi Jatim, 62 awak media massa, para ketua partai politik, pemantau Pemilu, hingga perwakilan ormas se-Provinsi Jawa Timur.

Apel Akbar Siaga Pengawasan adalah bentuk kesiapan Bawaslu Jatim untuk melakukan pengawasan Pemilu, khususnya pada tahapan krusial Pemilu seperti kampanye dan pemungutan suara yang akan digelar pada14 Februari 2024 mendatang.

Bertindak sebagai Pembina Apel Akbar Siaga Pengawasan, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur A. Warits. Ia menyerukan seluruh jajaran pengawas se-Jawa Timur selalu profesional dalam melakukan pengawasan dan menuangkannya ke dalam Form A.

"Setiap pengawas mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi tanpa terkecuali wajib melakukan langkah pencegahan dan menekan potensi pelanggaran. Selain itu, mengoptimalkan pengawasan dan merekamnya ke dalam Form A Pengawasan," tegasnya.

Warits menjelaskan Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya dipilih menjadi lokasi Apel Akbar Siaga Pengawasan pada 10 November 2023 untuk  memperingati Hari Pahlawan.

"Kita harus menjaga semangat keteladanan, kepahlawanan, dan semangat untuk menjaga demokrasi dalam menjalankan tugas pengawasan Pemilu 2024," paparnya.

Mitra yang diundang dalam acara ini, antara lain jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU Provinsi Jatim, Partai Politik, organisasi masyarakat, dan media.

" Mereka kita undang adalah untuk mengingatkan bahwa semua pihak bertanggung jawab atas terselenggaranya pelaksanaan Pemilu 2024 yang lancar, aman, tertib, jujur dan adil," ujarnya. (Mujiono)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 Plieg2024 Apel Siaga Pengawas Pemilu 2024 Bawaslu Jatim