Gelar Asian Music Games Pertama, Jember Jadi Tuan Rumah

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

4 Mei 2023 12:44 4 Mei 2023 12:44

Thumbnail Gelar Asian Music Games Pertama, Jember Jadi Tuan Rumah Watermark Ketik
Simbolis peluncuran Asian Music Games 2023 di Jember, Indonesia oleh President AMBC Kosin Suebprasitwong (tiga dari kanan) bersama Bupati Jember Hendy Siswanto, Rabu (3/5/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Telah diluncurkan Asian Music Games (AMG) 2023 yang baru pertama kali akan digelar di Indonesia tepatnya di Kabupaten Jember. Grand Launching AMG 2023 dilaksanakan di Aula PB Soedirman,  Rabu (3/5/2023) malam.

Pada awalnya kompetisi marching band tersebut tercetus pada saat pandemi Covid-19 dan dilaksanakan secara daring. Pada tahun ini digelar secara luring untuk kali pertama.

Jember akan menjadi tuan rumah perhelatan AMG 2023 yang akan digelar pada 18-25 September 2023.

Grand Launching AMG 2023 tampak dihadiri oleh Presiden Asian Marching Band Confederation (AMBC) Kosin Suebprasitwong beserta rekan-rekan perwakilan, Bupati Jember Hendy Siswanto dan jajarannya.

Kosin Suebprasitwong membeberkan  pemilihan Jember sebagai tuan rumah dinilai ekosistem marching band yang ada sangat baik. 

“Kehidupan dan industri marching band sudah bagus di Jember, fasilitas lengkap sekali. Itu sebabnya kenapa AMBC memilih Jember sebagai penyelenggara pertama AMG di Indonesia,” ujar pria yang berkebangsaan Thailand itu,  didampingi oleh Vice President AMBC Sehat Kurniawan Saiman.

Sementara itu, Sehat mengatakan jika perwakilan dari Indonesia akan diseleksi terlebih dahulu pada 19-21 September 2023. Nantinya akan ditandingkan melawan perwakilan dari negara Asia yang akan datang ke Indonesia.

“Indonesia ada 16 provinsi yang akan ikut bergabung dan seleksi. Insya Allah akan ada 21 negara, tim yang  datang akan diseleksi terlebih dahulu di negara masing-masing untuk hadir di Indonesia,” imbuhnya.

Kategori perlombaan AMG 2023 beragam, antara lain individual solo, duet, dan beregu. Untuk kategori beregu terbagi menjadi marching show, drumline battle serta color guide contest. Sedangkan kategori duet terdiri atas color guide, alat tiup dan perkusi.

Ia juga menambahkan,  juri yang  didatangkan sudah kompeten dan tersertifikasi juri Asia dengan standar tinggi yang dikeluarkan oleh AMBC. “Total 5 juri. Ada dua dari Malaysia, sisanya dari Jepang, Taiwan, dan Thailand,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Asian Music Games 2023 Jember Asian Marching Band Confederation