99 Persen Tiket Kereta Api Daop 9 Terjual Selama Libur Panjang Maulid Nabi

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

13 September 2024 14:39 13 Sep 2024 14:39

Thumbnail 99 Persen Tiket Kereta Api Daop 9 Terjual Selama Libur Panjang Maulid Nabi Watermark Ketik
Penumpang kereta api naik dari Stasiun Jember (13/9/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Sebanyak 31.390 tiket kereta api Daerah Operasi (Daop) 9 Jember terjual selama libur panjang Maulid Nabi. Setara 99 persen dari total tempat duduk yang disediakan sebanyak 31.456.

Selama empat hari mulai 13-16 September 2024, kapasitas yang tersedia setiap harinya sebanyak 7.864 tempat duduk.

“Berdasarkan data penjualan pada hari Kamis (12/9), sebanyak 31.390 tiket sudah dipesan oleh masyarakat untuk bepergian menuju sejumlah daerah selama libur panjang tersebut,” terang Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, Jumat, 13 September 2024, siang.

Selama libur panjang akhir pekan perayaan Maluid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 9 Jember mengoperasikan 22 perjalanan kereta api, yang meliputi KA Mutiara Timur, KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, KA Blambangan Ekspres, KA Logawa, KA Pandalungan, KA Sritanjung, KA Tawangalun, KA Probowangi dan KA Pandanwangi.

Terutama untuk kereta api relasi jarak jauh seperti KA Blambangan Ekspres dan KA Pandalungan dari wilayah Daop 9 menuju Jakarta tiketnya telah habis terjual.

“Sejak rutenya diperpanjang menjadi tujuan akhir Stasiun Pasar Senen di Jakarta, KA Blambangan Ekspres kini cukup diminati oleh para masyarakat, terbukti tiketnya kini sering habis diburu oleh para penumpang, terlebih pada saat ada momen libur panjang seperti ini,” kata Cahyo.

Meski beberapa kereta api telah habis tiketnya, untuk keberangkatan Daop 9 Jember masih tersedia sebanyak 3.102 tempat duduk selama empat hari.

Jumlah tersebut terdapat di beberapa KA seperti KA Logawa tujuan Purwokerto, KA Mutiara Timur tujuan Surabaya, serta KA Ranggajati tujuan Cirebon, tapi tiket yang tersedia hanya pada beberapa tanggal keberangkatan.

“KAI Daop 9 Jember mengimbau para pelanggan untuk merencanakan perjalanan dengan memesan tiket kereta api jauh-jauh hari, sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan yang diinginkan,” imbuh Cahyo.

Bagi masyarakat yang akan bepergian pada libur panjang kali ini, apabila tiket pada tanggal keberangkatan maupun KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan KA yang lain atau memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI.

Fitur yang akan mengkombinasikan jadwal kereta api yang bersifat persambungan, sehingga pelanggan tetap bisa menggunakan KA pada tanggal yang diinginkan dengan keberangkatan dari Daop 9 Jember.(*)

Tombol Google News

Tags:

KAI Daop 9 Jember Libur Panjang Maulid Nabi