Gelar Pesta Rakyat di Pujon, Baruna Airlangga Sampaikan Pesan Persatuan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

14 Maret 2023 04:22 14 Mar 2023 04:22

Thumbnail Gelar Pesta Rakyat di Pujon, Baruna Airlangga Sampaikan Pesan  Persatuan Watermark Ketik
Pesta Rakyat Baruna Airlangga berkolaborasi dengan Paguyuban Pemuda Desa Madiredo, Senin (13/3/2023) malam.(Dok.Baruna Airlangga)

KETIK, MALANG – Barisan Relawan Serbaguna, Airlangga Hartarto atau Baruna Airlangga berkolaborasi dengan Paguyuban Pemuda Desa Madiredo, menggelar acara bertajuk Pesta Rakyat Indonesia Bersatu di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Senin (13/3/2023) malam. 

Ribuan masyarakat Desa Madiredo dan sekitarnya berduyun-duyun menghadiri pesta rakyat yang diisi dengan acara senam masal, Bazaar UMKM, dan pertunjukan seni tradisional.

Koordinator Baruna Airlangga Jawa Timur,  Ida Bagus Hadianto mengatakan, konsep penyelengaraan acaranya memang mengusung kolaborasi.

"Kami mengutamakan partisipasi masyarakat. Karena itu 90 persen panitianya dari warga Madiredo," terangnya. 

Hadianto menambahkan, pesan yang ingin disampaikan lewat acara tersebut adalah pesan persatuan.

"Kami ingin mengingatkan masyarakat bahwa menjelang tahun politik jangan sampai masyarakat terpecah-belah karena perbedaan," katanya.

"Salah satu pesan Pak Airlangga, pesta demokrasi harus jadi pestanya rakyat. Selayaknya sebuah pesta, masyarakat harus menjalaninya dengan suka-cita, bukan dengan gontok-gontokan," imbuhnya.

Menurut Hadianto, acara pesta rakyat rencananya tak hanya akan digelar sekali.

"Ini titik pertama di Jawa Timur, mudah-mudahan nanti bisa kita gelar di desa-desa lain di Jawa Timur, teman-teman di Jawa Tengah juga sudah menggelar acara serupa," ujarnya. 

Perwakilan Paguyuban Pemuda Madiredo, Aris Chamdani menyampaikan,  pihaknya menyambut baik ajakan kolaborasi ini.

"Karena kami lihat konsepnya cukup menarik, dan kami melihat ada manfaatnya untuk warga Madiredo," kata dia. 

Selain sebagai sarana hiburan warga, tambah Aris, acara ini juga dapat mempererat persatuan, serta ada manfaat ekonomi juga untuk UMKM yang berjualan. 

"Kami juga sepakat dengan pesan-pesan persatuan yang disampaikan lewat acara ini, karena menjelang pesta demokrasi tahun depan kami juga tak ingin sampai terjadi perpecahan," ungkap Aris Chamdani.(*) 

Tombol Google News

Tags:

Baruna Airlangga Barisan Relawan Serbaguna Airlangga Hartarto Airlangga Hartarto Pesta Rakyat Pujon