Gibran akan Lanjutkan Program Hilirisasi dan Dorong Transisi Energi

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

21 Januari 2024 20:42 21 Jan 2024 20:42

Thumbnail Gibran akan Lanjutkan Program Hilirisasi dan Dorong Transisi  Energi Watermark Ketik
Gibran Rakabuming Raka saat tampil dalam debat keempat cawapres (Foto: YouTube KPU)

KETIK, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menegaskan akan melanjutkan program hilirisasi. Hal itu diungkapkan Gibran dalam debat keempat cawapres yang berlangsung, Minggu (21/1/2024) malam.

Program hilirisasi tidak hanya terkait dengan pertambangan. Tapi sektor yang lain juga akan digenjot karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam.

"Kita harus bersyukur Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya diantaranya kita punya cadangan nikel terbesar di dunia, timah terbesar nomor dua," ungkap Gibran.

"Oleh karena itu, program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya. Tidak hanya hilirisasi tambang, tapi juga hilirisasi pertanian, sektor maritim, dan juga hilirisasi digital," sambungnya.

Selain hilirisasi, Gibran menegaskan Indonesia harus menghilangkan ketergantungan terhadap energi fosil. Karena itu, ia akan mendorong transisi menuju energi hijau.

"Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM bisa kita kawal, insyaallah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaaan untuk generasi muda dan kaum perempuan," lanjut Gibran.

Menariknya, 5 juta lapangan pekerjaan di antaranya merupakan green jobs. Pekerjaan yang identik dengan lingkungan dan akan menjadi tren di masa kini dan masa mendatang.

"Green jobs ini adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green jobs ini adalah tren peluang kerja masa kini dan masa depan," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gibran Rakabuming Raka cawapres Hilirasasi Transisi Energi Hijau