Gubernur Khofifah Resmikan Gedung ESDM Jatim Berkonsep Co-Working Space 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

14 Februari 2023 14:53 14 Feb 2023 14:53

Thumbnail Gubernur Khofifah Resmikan Gedung ESDM Jatim Berkonsep Co-Working Space  Watermark Ketik
Gubernur Khofifah dan Kepala ESDM Jatim Nurkholis meninjau salah satu spot contoh 'replika' hasil tambang di Kantor ESDM Jatim, Jalan Tidar, Surabaya, Selasa (14/2/2023).(Shinta Miranda Sari/KETIK)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim dan Masjid Nurul Hayat di Jalan Tidar Surabaya, Selasa (14/2/2023) malam. 

Dalam peresmian ini, Khofifah didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Adhy Karyono, Kepala Dinas ESDM Jatim Nurkholis serta Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PRKPCK) Jatim Ir.Nyoman Gunadi.

Gubernur Khofifah berharap kehadiran gedung baru tersebut semakin meningkatkan kinerja Dinas ESDM Jatim dan memperkuat sinergitas antar stakeholder maupun shareholder terkait. 

Apalagi, Kantor ESDM Jatim kini menempati lokasi dan bangunan baru dengan konsep open co-working space modern dilengkapi teknologi Cloud. 

"Semuanya harus menyatu dalam sebuah sinergi," demikian pesan Khofifah. 

Khofifah juga menandatangani prasasti peresmian di dua lokasi. Yaitu bangunan utama dan masjid yang terletak di sisi barat gedung. 

Desain Masjid Nurul Hayat mengadopsi gaya minimalis namun nampak mewah dan nyaman dengan ruang wudhu cukup lega. 

Sedangkan bangunan utama Kantor ESDM Jatim terdiri dari beberapa lantai dengan arsitektur senada. 

Sekdaprov Jatim Adhy Karyono menambahkan, bahwa Gedung ESDM Jatim Tidar menggantikan gedung lama berusia 25 tahun yang dinilai sudah tidak representatif secara infrastruktur maupun pra sarana pendukung. Seperti tidak layak huni dan potensi terjadi banjir saat datang musim penghujan. 

Adhy Karyono menyebut, pembaruan sarana ini bertujuan dalam rangka meningkatkan pelayanan menyesuaikan dengan kewenangan dari pusat untuk perizinan pertambangan. 

"Maka, di sini juga harus punya layanan yang prima. Salah satunya sarana pra sarana. Supaya klien-klien kita customer kita memang sudah mulai dari Jakarta, nasional semua harus dilayani dengan baik," ujarnya. 

Ia menggambarkan, Gedung ESDM Jatim berkonsep open co-working space perkantoran modern. Semua pencatatan data dilakukan secara sistemik digital Cloud (paperless) terintegrasi. 

"Maka, ruangannya harus sesuai, bekerjanya tidak lagi seperti dengan arsip seperti itu," tukasnya. 

Layanan publik tempat konsultasi maupun ruang tunggu juga nampak nyaman dengan pilihan area indoor maupun outdoor demi kepuasan publik. 

Lebih lanjut Adhy memaparkan, Pemprov Jatim juga membangun kurang lebih sepuluh gedung pemerintahan baru guna mendukung peningkatan kinerja layanan kepada publik. 

"Tahun 2023 ini sekitar sepuluh gedung yang akan kita resmikan dan yang lainnya rehab," ucap Adhy. 

Gedung ESDM Jatim Tidar sendiri merupakan proyek tercepat yang diresmikan karena pembangunan hanya memakan waktu 4,5 bulan dan total menelan anggaran Rp43 miliar.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gedung ESDM Jatim Gubernur Khofifah Kepala ESDM Jatim Nurkholis Sekdaprov Jatim Adhy Karyono Pemprov Jatim