Gubernur Khofifah Terima 155 Anak Papua Lanjutkan Pendidikan di Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

14 Juli 2023 04:42 14 Jul 2023 04:42

Thumbnail Gubernur Khofifah Terima 155 Anak Papua Lanjutkan Pendidikan di Jatim Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat memeluk salah satu siswa penerima Program ADEM, Kamis (14/7/2023). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, MALANG – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memotivasi ratusan siswa asal Papua saat menghadiri kegiatan Serah Terima Siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). Khofifah berpesan agar mereka memupuk mimpi setinggi langit dan berupaya maksimal untuk mewujudkannya. 

Program ADEM merupakan program pemerintah sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak Papua dan Papua Barat terbaik serta daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). 

"Seperti kata Bung Karno, gantungkan cita-citamu setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang," ungkap Gubernur Khofifah di Hotel Grand Mercure Malang, Kamis (13/7/2023) malam.

Program ADEM sudah dimulai sejak tahun 2013. Ada sebanyak 155 siswa penerima program ADEM Papua yang menimba ilmu di 31 lembaga SMA/SMK di 11 Kabupaten/Kota.

Total, pada Tahun Ajaran 2023/2024 ini terdapat  461 siswa program ADEM Papua di Jawa Timur. Dengan rincian siswa kelas X sebanyak 155 siswa, kelas XI sebanyak 157 siswa, dan kelas XII sebanyak 149 siswa. 

Gubernur Khofifah lalu menyebutkan bahwa banyak orang Papua yang telah sukses menempuh pendidikan tinggi dan berhasil dalam berkarir. Bahkan beberapa tokoh sukses asal Papua tersebut diakui Khofifah adalah teman dekatnya. 

"Jadi, banyak orang Papua alumni pendidikan Jatim yang kemudian sukses dan menduduki jabatan strategis. Semoga anak-anakku sekalian juga seperti mereka,” tambahnya.

Foto Gubernur Khofifah berfoto bersama sejumlah anak papua penerima program ADEM, Kamis (13/7/2023). (Foto: Humas Pemprov Jatim)Gubernur Khofifah berfoto bersama sejumlah anak papua penerima program ADEM, Kamis (13/7/2023). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai mengatakan, pada tahun 2023 ini, sebanyak 500 Siswa Papua dikirim ke enam provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Banten dan Bali. Dari jumlah tersebut, 155 siswa dikirim ke Jatim.

"Kebanggaan tersendiri bagi Jatim ternyata selama ini pemerintah pusat menganggap Provinsi Jawa Timur sangat sukses menerima program ADEM ini," jelas Agung

Di sisi lain, Agustina Yumte salah satu penerima program ADEM asal Papua Barat Daya yang akan ditempatkan di SMAN 1 Batu, mengaku bersyukur bisa menimba ilmu di Jawa Timur. 

"Cita-cita saya ingin menjadi guru, karena guru memiliki tugas mulia, terima kasih Ibu Gubernur yang telah memfasilitasi kami untuk belajar di Jawa Timur," kata lulusan SMP YPK 3 Elim Malanu Kota Sorong ini.

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Khofifah jatim Pendidikan Program ADEM Anak Papua Pemprov Jatim Daerah 3 T