Hadi Mulyono Utomo Siapkan Program Prioritas Genjot Profit PT DABN

Jurnalis: Marno
Editor: M. Rifat

7 Juni 2023 05:58 7 Jun 2023 05:58

Thumbnail Hadi Mulyono Utomo Siapkan Program Prioritas Genjot Profit PT DABN Watermark Ketik
Hadi Mulyono Utomo, Plt Dirut PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN). (Foto: FJN/inews)

KETIK, SURABAYA – Setelah dipercaya sebagai Plt Dirut PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN), 31 Mei 2023 lalu, Hadi Mulyo Utomo mengaku siapkan sejumlah program prioritas untuk mengubah kondisi keuangan perusahaan menjadi baik.

"Insya Allah, akhir tahun 2023 ini PT DABN bisa memberi keuntungan atau laba bagi PT Petrogas Jatim Utama (BUMD induk PT DABN) sebagai pemegang saham utama," kata Hadi Mulyono Utomo, yang juga menjabat Direktur Umum dan SDM PT DABN, Selasa (6/6/2023).

PT DABN merupakan BUMD sebagai pengelolaan jasa pelabuhan di Probolinggo, Jawa Timur. Namun selama ini perusahaan merugi hingga berujung restrukturisasi melalui RUPS luar biasa.

Menurut alumnus Unair itu program strategis itu akan diterapkan di semua sektor, mulai operasional, keuangan dan sumber daya manusia. Harapannya bisa menciptakan iklim kinerja perusahaan yang baik, efektif dan efisien. 

Hadi Mulyono Utomo optimistis bisa menginstal ulang pola-pola kinerja perusahaan yang menghambat produktifitas dan menimbulkan inefisiensi.

Apalagi posisi Pelabuhan Probolinggo yang dikelola PT DABN sangat strategis. Sebab berada di antara Pelabuhan di Surabaya dan Banyuwangi.

"Pelabuhan Probolinggo bisa menjadi opsi di tengah kepadatan pelayanan pelabuhan di Tanjung Perak," paparnya.

Keuntungan kapal yang bersandar di Pelabuhan Probolinggo proses bongkar muat lebih cepat. Tentu akan menguntungkan pelaku usaha dan industri, karena adanya efisiensi operasional yang berlipat ganda.

Selain sejumlah program yang dipaparkan, Hadi Mulyono Utomo melirik untuk bekerja sama dengan Pelindo II. "Prinsipnya sama, bekerja untuk negara, Pelindo II berkontribusi untuk APBN dan PT DABN untuk APBD," ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PT DABN Pelabuhan Probolinggo Hadi Mulyono Utomo