Hanya Satu Pasangan Calon Daftar Pilkada Jember Jalur Independen

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

13 Mei 2024 08:35 13 Mei 2024 08:35

Thumbnail Hanya Satu Pasangan Calon Daftar Pilkada Jember Jalur Independen Watermark Ketik
Calon pasangan bupati dan wakil bupati Pilkada Jember, Gus Jaddin (paling kanan) dan Arismaya (berdiri berkacamata) (12/5/2024) (Foto: KPU Jember)

KETIK, JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menerima pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati independen atau perseorangan dalam Pilkada 2024.

Pendaftaran yang dibuka pada 8-12 Mei 2024 di Kantor KPU setempat itu menerima satu pasangan calon yang mendaftarkan diri.

Nama pasangan calon perseorangan tersebut yaitu Muhammad Jaddin Wajad sebagai calon bupati dan Arismaya Parahita calon wakil bupati.

Muhammad Jaddin Wajad atau disapa Gus Jaddin, merupakan tokoh masyarakat. Dengan garis keturunan seorang cucu dari tokoh Nahdlatul Ulama yang pernah menjabat sebagai Rais Aam Syuriah, Achmad Shiddiq.

Sedangkan, Arismaya adalah pensiunan PNS Pemkab Jember.

“Ada satu pasangan calon perseorangan yang mendaftar di KPU. Kami terima pada tanggal 12 Mei di akhir batas pendaftaran jam 23.31 WIB,” ungkap Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Jember, Achmad Susanto, Senin (13/5/2024).

Disebutkan pula, pasangan calon independen tersebut telah menyerahkan berkas sebaran pendukung melalui Silon.

“Total sebanyak 142.458 dukungan yang tersebar di 31 kecamatan. Artinya Gus Jaddin-Arismaya mengambil penuh sebaran di Kabupaten Jember,” paparnya.

Syarat minimal maju sebagai paslon dari jalur perseorangan harus mengantongi dukungan sebesar 6,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap. Dari 1.972.216 DPT, sehingga harus memperoleh dukungan sebesar 128.195 orang.

“Secara prosedural pasangan Gus Jaddin dan Arismaya telah mengikuti tahapan yang ada, mengunggah model B KWK ke Silon KPU. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi,” tutup Susanto.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada 2024 Jember Calon Pasangan Independen KPU