Hari Pertama Relokasi PKL ke Jalan Samanhudi Jember Menuai Protes Pedagang Sayur

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

4 Oktober 2023 05:33 4 Okt 2023 05:33

Thumbnail Hari Pertama Relokasi PKL ke Jalan Samanhudi Jember Menuai Protes Pedagang Sayur Watermark Ketik
Pedagang sayur di Jalan Samanhudi pada malam hari, Selasa (3/10/2023) (Foto: Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Hari pertama diberlakukan relokasi pedagang kaki lima (PKL) dari Jalan Gajah Mada dan Sultan Agung ke Jalan Samanhudi menuai protes dari para pedagang sayur. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengerahkan 150 personil tim gabungan pengamanan kegiatan relokasi.

Sebanyak 97 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menempati trotoar atau rumija (ruang milik jalan) di sepanjang ruas jalan tersebut direlokasi mulai Selasa (3/10/2023) dan dapat beroperasi mulai pukul 17.00-24.00 WIB.

Telah disediakan 103 petak PKL di sepanjang Jalan Samanhudi bekas tempat pedagang sayur berjualan pada malam hari. Sedangkan para pedagang sayur bakal digeser ke arah selatan sekitar lampu merah Pasar Tanjung.

Namun para pedagang sayur mengaku kaget bahwa tempat yang biasanya mereka gunakan untuk berjualan telah ditempati PKL. Mereka berdatangan mulai pukul tujuh hingga tengah malam dengan menggunakan mobil bak terbuka dan kendaraan roda dua.

Salah satu pedagang sayur, Nurholik, mengatakan akan mengikuti kebijakan Pemkab Jember dalam penataan PKL dan pedagang sayur. Jika lokasi yang disediakan memadai.

"Kalau mau dipindah lihat tempat dulu kalau luas ya silahkan. Kalau sempit bisa berantakan cekcok dengan kawan sendiri berebut tempat," ujarnya saat ditemui di kawasan Pasar Tanjung, Selasa (3/10/2023) malam.

Kepala Satpol PP, Bambang Saputro, mengungkap bahwa sebagian dari pedagang sayur yang seharusnya menempati lokasi baru mengarah ke lampu merah Pasar Tanjung tidak cukup. "Ternyata hari pertama relokasi ada sebagian yang tidak tertampung," bebernya.

Pihaknya dengan pedagang sayur kemudian menyepakati, mulai hari Rabu (4/10/2023), sebagian pedagang yang tidak tertampung akan diarahkan ke Jalan Untung Suropati. "Yang tidak muat nanti kami arahkan ke Jalan Untung Suropati sisi sebelah kiri dekat Plaza Matahari," jelas Bambang.

Menurutnya, pihak Pemkab Jember telah mengirimkan surat edaran relokasi dan penataan kepada PKL termasuk pedagang sayur. 

"Mulai bulan Juli sudah woro-woro pemberitahuan. Kami tidak menggusur, tapi menata," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Relokasi PKL jalan samanhudi tuai protes Pedagang sayur Pemkab Jember Jember