Helikopter yang Ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi Jatuh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

20 Mei 2024 03:50 20 Mei 2024 03:50

Thumbnail Helikopter yang Ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi Jatuh Watermark Ketik
Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Foto: Akun X @raisi_com)

KETIK, JAKARTA – Helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi dan sembilan orang jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur.

Helikopter tesebut jatuh di barat laut Iran pada Minggu waktu setempat. Sebanyak 9 orang ini terdiri dari 3 pejabat, seorang imam, anggota tim penerbangan, keamanan, lapor berita Tasnim Iran.

IRGC melaporkan, sembilan orang tersebut termasuk Presiden Iran Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian, Gubernur provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem. Selain itu, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan dan pengawal lainnya.

Di lain sisi, Reuters menyebut Raisi menggunakan helikopter untuk menuju perbatasan Azerbaijan dengan agenda meresmikan sebuah proyek bendungan.

Bendungan Oiz-Oalasi merupakan proyek bersama dengan pemerintah Azerbaijan. Naas, helikopter yang ditumpangi Raisi hilang kontak sesaat setelah lepas landas ketika dia hendak kembali ke ibu kota. Dilaporkan cuaca buruk saat kejadian berlangsung.

Helikopter naas yang ditumpangi Raisim diketahui berjenis Bell 212 buatan Amerika Serikat (AS). Ini merupakan helikopter berukuran sedang yang berkapasitas 15 kursi, dengan satu pilot dan 14 penumpang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Helikopter jatuh Azerbaijan Timur Ebrahim Raisi Bendungan Oiz-Oalasi pejabat Iran