Hitam dan Gurih, Ini 5 Rawon Ternikmat di Kota Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

18 Juni 2023 11:36 18 Jun 2023 11:36

Thumbnail Hitam dan Gurih, Ini 5 Rawon Ternikmat di Kota Surabaya Watermark Ketik
Rawon. (Foto: Cook Me Indonesia)

KETIK, SURABAYA – Rawon merupakan masakan berkuah khas Indonesia yang memiliki ciri khas  kuah berwarna hitam gelap dan kuahnya memiliki rasa gurih khas kaldu daging. 

Rawon berasal dari Ponorogo Jawa Timur, makanan berkuah ini juga memiliki ciri khas di setiap daerahnya,  misalnya Surabaya. 

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Pahlawan wajib mencicipi salah satu rekomendasi rawon ternikmat di Surabaya dan jangan kaget karena warung-warung rawon ini begitu ramai pengunjung. 

Inilah 5 Rawon ternikmat di Surabaya berdasarkan rangkuman tim Ketik.co.id. 

1. Rawon Setan 

Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia. 

Tidak hanya menyuguhkan rawon, tempat makan ini juga menyediakan aneka lauk yang lengkap untuk memperkaya rasa rawon misalnya telur asin, daging empal, kerupuk, dan sebagainya.

Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari. Daging rawon di sini cukup besar dan juga empuk. Rasa kuahnya begitu menggugah selera. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini enggak pernah sepi pengunjung. 

2. Rawon Pak Pangat 

Rawon ini bertempat di Jalan Ketintang Baru Surabaya, rawon ini cukup terkenal karena memiliki daging yang disuwir dan memiliki kuah yang kental dan gurih. 

Selain itu, yang paling diminati adalah rawon krengseng dan rawon campur. 

Rawon Pak Pangat sangat ramai dikunjungi saat makan siang dan makan malam. Jika tidak ingin terlalu ramai jangan datang pada saat sianh dan malsm.

3. Rawon Kalkulator 

Rawon kalkulator ini dapat ditemukan di Taman Bungkul, Surabaya, di Warung Sedap Malam. 

Nama rawon kalkulator diambil dari cerita bahwa kasir di warung ini tidak menggunakan alat bantu hitung. 

Namun memiliki kemampuan menghitung dengan cepat seperti sebuah kalkulator, sehingga pengunjung memberikan nama tersebut. 

Selain gaya menghitung kasirnya yang unik, rasa rawon yang disajikan juga menggugah selera dengan potongan daging yang besar. 

4. Rawon Gajah Mada 

Rawon ini terletak di Ruko Grand Ahmad Yani Jl Frontage A. 

Berbagai pilihan rawon tersedia di tempat ini misalnya rawon empal, paru, lidah, otak, daging basah hingga ada nasi rawon oseng mbeledos. 

Rawon Gajah Mada memiliki kuah yang hitam pekat dan tempe goreng yang gurih, yang menambah cita rasa makanan berawarna gelap ini. 

Tidak hanya rawon, di sini juga menyediakan nasi campur dengan berbagai macam lauk. 

5. Rawon Balungan 

Rawon ini terletak di depan Terminal Benowo Surabaya restoran ini bernama Rawon Haji Mufid. 

Makanan berkuah ini memiliki potongan daging dan tulang yang cukup besar,  sehingga penikmat sangat puas saat menikmati rawon ini. 

Rawon balungan ini berdiri sejak 1975, dan rawon ini digemari oleh pemain Persebaya karena rasa rawon dari dulu tak pernah berubah tetap gurih dan memiliki kuah yang kaya rasa rempah. 

Bagi Anda yang berkunjung ke Surabaya, jangan lupa mampir ke 5 rawon ternikmat ini ya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rawon kuah hitam rekomendasi rawon Surabaya Rawon Setan Rawon Pak Pangat Rawon Kalkulator Rawon Gajah Mada Rawon Balungan makanan Kota Pahlawan