Ini 4 Waktu Terbaik Mendengarkan Musik Agar Tidak Stres!

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

16 Desember 2023 00:55 16 Des 2023 00:55

Thumbnail Ini 4 Waktu Terbaik Mendengarkan Musik Agar Tidak Stres! Watermark Ketik
Mendengarkan musik menggunakan headset (foto: istockphoto.com)

KETIK, SURABAYA – Stres bisa datang kapan saja dan dari mana saja. Keadaan seperti ini tidak bisa dibiarkan terus menerus karena bisa mengganggu produktivitas dan kesehatan.

Biasanya, saat mengalami stres sebagian orang mengatasinya dengan cara mendengarkan musik. Banyak penelitian yang menyebut musik memang bisa membangkitkan mood dan suasana hati sehingga bisa membuat semangat lagi.

Ini terjadi karena musik mempunyai kemampuan untuk melepas dopamin di otak.  Di mana dopamin adalah senyawa yang bisa memberikan rasa nyaman sehingga mood bisa meningkat.

Dilansir dari psikologi.uma.ac.id, musik juga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan hormon stres.

Nah, agar manfaatnya lebih efektif, ada waktu terbaik untuk mendengarkan musik. Kapan saja waktu terbaik itu?

1. Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mendengarkan musik. Pasalnya, di pagi hari kamu membutuhkan mood yang bagus supaya semangat menjalani hari.

Mendengarkan musik bisa membangkitkan semangat. Apalagi lagu favorit dan didengarkan menggunakan headset, dijamin bikin ceria dan ampuh memperbaiki mood yang sebelumnya berantakan.

2. Saat Bekerja

Saat bekerja juga jadi waktu terbaik mendengarkan musik. Karena tak jarang deadline yang numpuk dan tekanan dari atasan membuat stres. Oleh karena itu, cobalah mendengarkan musik di tengah bekerja, pasti mood balik lagi.

3. Dalam Perjalanan

Seringkali saat jalanan macet ditambah cuaca sedang panas bisa menyebabkan emosi. Nah, dalam keadaan seperti ini coba putarlah musik favorit. Hati yang awalnya kesal menjadi lebih tenang karena efek dari alunan musik tersebut.

Mendengarkan musik di perjalanan juga bermanfaat bagi yang suka mabuk perjalanan. Perjalanan bisa menjadi lebih enjoy sehingga bisa mengurangi rasa mual.

4. Malam Sebelum Tidur

Sering mengalami insomnia? Coba atasi dengan musik. Musik dengan alunan menenangkan bisa membuat kamu rileks dan cepat tidur. Musik yang bisa kamu dengarkan saat tidur adalah musik yang berkaitan dengan alam dan musik dengan rima lambat.(*)

Tombol Google News

Tags:

manfaat mendengarkan musik Waktu terbaik mendengarkan musik musik alam musik meredakan stress musik bagi kesehatan mental Manfaat musik