Ini 7 Universitas Terbaik di Surabaya, UWK Naik Peringkat

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

11 Maret 2024 04:47 11 Mar 2024 04:47

Thumbnail Ini 7 Universitas Terbaik di Surabaya, UWK Naik Peringkat Watermark Ketik
Ilustrasi anak kuliah di sebuah universitas (Foto: Istockphoto.com)

KETIK, SURABAYA – Surabaya menjadi salah satu kota besar yang memiliki banyak kampus terbaik di Indonesia. Tak heran, banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah akhirnya menjatuhkan pilihan untuk berkuliah di salah satu universitas terbaik di Surabaya.

Apa saja nama-nama universitasnya? Artikel ini akan menyajikan data terupdate tentang kampus terbaik di Surabaya versi UniRank 2024.

Mengutip laman resminya, UniRank memiliki tiga kriteria penilaian, yakni akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berwenang memberikan gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3) setidaknya 3 tahun, dan menyediakan kelas tatap muka (offline).

Universitas Terbaik di Surabaya 2024

Berikut deretan nama kampus tersebut!

1.Universitas Airlangga

Universitas Airlangga masih menduduki peringkat pertama kampus terbaik di Kota Pahlawan. Kampus yang terletak di Surabaya ini memang sudah lama jadi incaran calon mahasiswa baru di berbagai daerah.

Pasalnya, universitas ini juga menduduki peringkat terbaik nasional ke-3 setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada.

Ada 17 fakultas di Unair dengan berbagai jurusan yang bisa kalian pilih. Mulai dari Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum hingga Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin.

2. Institut Teknologi Sepuluh November

Setelah Unair, ada Institut Teknologi Sepuluh November yang jadi kampus terbaik. Kampus yang terletak di Kecamatan Sukolilo ini memiliki 9 fakultas dengan berbagai jurusan yang bisa dipilih.

Ada Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD), Fakultas Teknologi Kelautan, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FT-IRS), Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FT-EIC), Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (F-DKBD), dan lain-lain.

Untuk peringkat nasional versi UniRank 2024, ITS ada di peringkat 15 setelah Universitas Medan Area.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

UIN Sunan Ampel adalah satu-satunya universitas Islam negeri yang ada di Surabaya. Kampus yang terletak di Kecamatan Wonocolo ini juga termasuk universitas tertua di Indonesia dan dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri kemudian berubah statusnya menjadi universitas.

Karena sekarang sudah jadi universitas, bidang kajiannya pun semakin beragam, tidak hanya agama Islam saja.

Kalian bisa memilih masuk Fakultas Sains dan Teknologi, Ekonomi dan Bisnis, Tarbiyah dan Keguruan, Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Psikologi, Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik atau yang lain.

Peringkat nasional untuk UINSA ini ada di urutan 36 setelah Universitas Alma Ata Yogyakarta.

4. Universitas Kristen Petra

Universitas terbaik di Surabaya ke-4 ada Universitas Kristen Petra. Kampus swasta ini menduduki peringkat 37 nasional dan sudah mendapat akreditasi dari BAN-PT dengan nilai A.

Ada 5 fakultas dan 47 program studi di sini. Kalian bisa memilih masuk ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif, Sekolah Bisnis dan Manajemen atau fakultas lainya.

5. Universitas Negeri Surabaya

Unesa menduduki peringkat ke-5 sebagai universitas terbaik di Surabaya. Kampus yang dulunya bernama Institut Keguruan dan llmu Pendidikan ini memiliki 8 fakultas, mulai dari Fakultas llmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran, dan lain-lain.

Ada juga program pascasarjana dan vokasi yang bisa kalian pilih.Untuk peringkat nasional, universitas negeri yang terletak di Kelurahan Ketintang dan Lidah Wetan Surabaya ini berada di urutan 52.

6. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Di tahun ini, Universitas Wijaya Kusuma (UWK) menduduki peringkat 6 sebagai kampus terbaik se-Surabaya dan peringkat ke-75 nasional.

Kampus swasta ini naik peringkat setelah sebelumnya menduduki rangking 107 nasional. Kalian bisa menjadikan kampus swasta ini sebagai pilihan studi karena memiliki banyak program studi di berbagai fakultas.

Ada kedokteran hewan, jurusan pendidikan, teknik, ilmu sosial dan politik, pertanian, ekonomi dan bisnis, dan sebagainya.

7. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Terakhir, ada UPN Veteran Jawa Timur. Salah satu kampus ternama di Jawa Timur, khususnya Surabaya ini menjadi universitas terbaik ke-7 se-Surabaya  dan mendapat peringkat 80 se-Indonesia.

Ada banyak fakultas dan program studi yang ditawarkan. Mulai dari Fakultas Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Ilmu Sosial dan Politik, Arsitektur dan Desain, dan sebagainya.

Itulah beberapa universitas terbaik di Surabaya yang bisa dijadikan referensi untuk melanjutkan studi. Ada yang tertarik masuk ke salah satu kampus tersebut?(*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Wijaya Kusuma Top Universitas 2024 Universitas terbaik di Surabaya Kampus terbaik di Surabaya