Jalur Klemuk Ditutup, Warung di Kawasan Payung Kota Batu Tuai Keuntungan

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

7 Juni 2023 10:52 7 Jun 2023 10:52

Thumbnail Jalur Klemuk Ditutup, Warung di Kawasan Payung Kota Batu Tuai Keuntungan Watermark Ketik
Suasana kawasan Wisata Payung di Kota Batu, Rabu (7/6/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pengusaha warung di Kawasan Wisata Payung Kota Batu diuntungkan dengan ditutupnya jalur alternatif Klemuk Songgoriti di Kelurahan Songgokerto untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Saat ini semua mobil dari Pujon Kabupaten Malang menuju Kota Batu harus melewati Kawasan Wisata Payung. Begitu pula sebaliknya, mobil dari Kota Batu menuju Pujon harus melewati kawasan Wisata Payung.

Hal ini tentunya berdampak pada naiknya pengunjung warung dan kafe. Seperti yang diutarakan Nurul Imam Santoso, pemilik warung lesehan Adinda Sateku di Kawasan Wisata Payung 1 No.1.

"Kalau lalu lintas memang semakin ramai. Di warung saya pendapatan juga ada kenaikan. Kenaikannya tapi tidak signifikan," katanya, Rabu (7/6/2023).

Lonjakan pengunjung di kawasan Wisata payung, kata pria yang akrab disapa Imam itu, terutama terjadi di akhir pekan yakni Jumat, Sabtu dan Minggu.

Menurutnya, lonjakan pengunjung warung di kawasan Wisata Payung tidak terlalu signifikan. Hanya sebatas pengendara istirahat sambil ngopi.

"Kalau memang lalu lintasnya tiap hari ramai banget karena memang jalur untuk alternatif yang di klemuk ditutup," tambahnya.

Imam mengatakan, sebelum jalur Klemuk Songgoriti ditutup, ia bisa menjual 10 porsi sate di hari biasa. Setelah jalur ditutup, kini ia mampu menjual 12 hingga 15 porsi sate setiap hari. Namun, di akhir pekan 20 hingga 25 porsi sate ludes terjual di warung Imam.

"Mulai Jumat itu biasanya mulai terasa ramai. lumayan kenaikannya bisa dua kali lipat sampai tiga kali lipat bisa sampai 20 sampai 25 porsi, bisa juga lebih," urainya.

Sekedar informasi, kawasan Payung Kota Batu merupakan jalur menuju Pujon Kabupaten Malang, Kediri, Jombang dan sekitarnya. Kawasan ini semakin sepi setelah banyak pengendara yang lebih memilih melewati jalur alternatif Klemuk Songgoriti untuk ke Kota Batu. 

Dulu, kawasan payung menjadi destinasi jujugan utama wisatawan, baik orang Kota Malang maupun dari luar kota. Selain itu, banyak juga remaja yang menjadikan kawasan ini untuk nongkrong. Wisatawan menikmati kuliner di kawasan Wisata Payung sambil menikmati Indahnya pemandangan kota batu dari ketinggian.

Di kawasan Payung ini banyak berdiri warung dan kafe yang menjual aneka makanan dan minuman. Mulai jagung bakar, sate kelinci, mie instan dan lain sebagainya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Wisata Payung Kota Batu Klemuk