Jalur Klemuk Kota Batu Masih Ditutup, Puluhan Pengendara Putar Balik

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

17 Juni 2023 10:15 17 Jun 2023 10:15

Thumbnail Jalur Klemuk Kota Batu Masih Ditutup, Puluhan Pengendara Putar Balik Watermark Ketik
Pengendara mobil dari Pujon, Kabupaten Malang harus putar balik di turunan menuju Klemuk Songgoriti, Kota Batu, Sabtu (17/6/2023). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sejumlah pengendara mobil dari Pujon, Kabupaten Malang harus putar balik di turunan menuju Klemuk Songgoriti, Kota Batu, Sabtu (17/6/2023). Kebanyakan pengendara mobil tidak mengetahui kalau jalur Klemuk Songgoriti masih tutup untuk kendaraan roda empat hingga saat ini.

Pantauan Ketik.co.id selama satu jam di jalur Pujon menuju Klemuk, sedikitnya ada 30 mobil yang harus putar balik. Kebanyakan dari mereka adalah pengendara dari luar kota. Mereka tetap masuk ke jalur Klemuk meskipun ada road barier di pertigaan pujon sebelum masuk jalur Klemuk.

"Saya ya tidak tahu kalau jalur alternatif Klemuk ini masih tutup. Karena kalau lewat Klemuk lebih cepat dari lewat jalan wisata payung," ujar Armadani, pengendara mobil dari Talun Kabupaten Blitar.

Armadani mengaku tahu dari berita bahwa belakang ini sering terjadi kecelakaan di jalur Klemuk tersebut. Namun, ia tidak mengetahui kalau jalur Klemuk ditutup untuk kendaraan roda empat atau lebih. Ia mengaku, mengikuti mobil di depannya yang menerobos road barier di pertigaan pujon menuju jalur Klemuk.

"Jadi ya saya kira sudah buka. Saya kan ikut mobil di depan. Terus dari arah klemuk juga ada mobil yang menuju pujon. Ternyata, mobil di depan saya harus putar balik," tambahnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Maskuri, pengendara mobil dari Pujon. Ia nekat menerobos masuk jalur Klemuk karena mengikuti mobil yang ada di depannya. Karena banyaknya mobil masuk jalur Klemuk, ia mengira jalur alternatif itu telah buka.

"Tak tahunya mobil belum bisa lewat sini. Karena malam Minggu ramai orang mau ke Kota Batu. Mereka harus putar balik dan lewat jalur utama lewat Wisata Payung," urainya.

Jalur alternatif Pujon Kabupaten Malang menuju Klemuk Songgoriti memiliki kondisi jalan yang menurun tajam. jalur ini kerap membuat kendaraan mengalami rem blong. Terutama bagi pengendara dari luar kota yang tidak mengetahui Medan jalur tersebut.

Tercatat beberapa kecelakaan pernah terjadi di jalur Klemuk Songgoriti ini. Pada 17 Mei 2023 lalu, sebuah truk mengalami rem blong ketika melintasi jalan Klemuk dari Pujon. Truk tersebut menabrak sebuah mobil dan tiga sepeda motor motor hingga menyebabkan tiga orang meninggal dunia.

Saat ini, semua kendaraan roda empat atau lebih dilarang melewati jalur Klemuk. Baik dari arah Pujon Kabupaten Malang maupun dari Kota Batu. Petugas memasang road barier dan palang besi untuk mencegah pengendara roda empat nekat masuk jalur Klemuk.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Jalur Klemuk Songgoriti