Jusuf Kalla, Budiono dan Para Mantan Menteri Dijadwalkan Hadiri Peresmian Museum SBY-ANI Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

16 Agustus 2023 10:12 16 Agt 2023 10:12

Thumbnail Jusuf Kalla, Budiono dan Para Mantan Menteri Dijadwalkan Hadiri Peresmian Museum SBY-ANI Pacitan Watermark Ketik
Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY) bersama Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. (Foto: Pacitankab.go.id)

KETIK, PACITAN – Presiden Republik Indonesia ke 6, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) bakal meresmikan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Kamis 17 Agustus 2023 besok. Sedikitnya mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu era pemerintahan SBY, keluarga besar, dan alumni Akabri 1973 dijadwalkan hadir.

"Inshallah yang telah mengkonfirmasi adalah mantan wapres Bapak (SBY), yaitu Jusuf Kalla dan Budiono, kemudian mantan menteri pak SBY juga. Ini menjadi kehormatan juga bagi Pacitan," kata Direktur Eksekutif Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Ossy Dermawan saat jumpa pers di Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu (12/8/2023).

Tak sampai di situ, peresmian ini juga bakal dihadiri 800 tamu undangan yang sebagian besar dari warga Kabupaten Pacitan dan tokoh-tokoh daerah.

Secara pengamanan akan difokuskan di titik-titik rawan. Salah satunya wilayah perbatasan.

‘’Dari barat, iring-iringan tamu undangan akan dikawal sejak perbatasan dengan Jawa tengah di Kecamatan Donorojo. Dari wilayah timur, dari perbatasan Ponorogo jalur Kecamatan Tegalombo. Pengamanan tiga lapis,’’ jelas Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pacitan AKP Nur Rosid.

Di samping itu, bagi khalayak umum yang ingin menonton tidak perlu khawatir berebut melihat ke lokasi acara. Sebab, Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menyiarkan langsung melalui channel YouTube Resmi.

"Di akun YouTube Pemkab Pacitan dan Radio Suara Pacitan (RSP) akan disiarkan langsung. Masyarakat tidak perlu khawatir," kata Kepala bidang informasi dan komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan Bagus Nurcahyadi Saputro.

Foto Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Ossy berharap, acara tersebut dapat berlangsung secara khidmat, tidak berlebihan (sederhana) pun tujuannya tersampaikan, yakni ungkapan rasa syukur. Terlebih pula, terlaksana dengan baik, lancar, tanpa halangan yang mengganggu.

"Sebuah peresmian yang diinginkan Pak SBY ini, tidak berlebih-lebihan, kami ingin situasi tetap khidmat dan tanpa merepotkan orang yang diundang," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, museum yang akan diresmikan itu, bakal menyajikan kisah inspiratif SBY muda hingga menjadi presiden. Diwujudkan dengan berbagai bentuk karya, berupa puisi, buku, lukisan, dan seni rupa lainnya.

Museum kelas dunia itu dikonsep mengedepankan sisi edukasi, selain itu juga wisata entertainment (hiburan). Harapannya dapat mengilhami dan menyemangati generasi masa kini untuk berbakti kepada Tanah Air.

"Kami tak hanya mengedepankan sisi entertainment (hiburan), namun kami memberikan sisi edukasi agar generasi penerus dapat meneladani rekam jejak dari beliau," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

sby pemkab pacitan pacitan MUSEUM SBY