Kapolda Jatim yang Baru Mantan Ajudan Presiden SBY

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Marno

15 Oktober 2023 00:04 15 Okt 2023 00:04

Thumbnail Kapolda Jatim yang  Baru Mantan Ajudan Presiden SBY Watermark Ketik
Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si (Foto: Humas Mabes Polri)

KETIK, SURABAYA – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen. Pol. Dr. Toni Harmanto diganti Irjen Pol Drs Imam Sugianto, M.Si mantan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). 

Mutasi ini tertuang dalam keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan nomor ST/2360/X/KEP./2023. Surat telegram ini berisikan mutasi dan rotasi 55 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Kapolda Jatim yang baru Irjen Pol Imam Sugianto yang juga mantan ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tak asing lagi dengan wilayah Jawa Timur.

Selain kelahiran Malang, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990 ini pernah menjabat Kasat Intelkam Polwiltabes Surabaya, hingga Kapolresta Surabaya Timur dan  Kapolres Gresik (2008).

Berlatar belakang intelkam inilah yang dikabarkan menjadi nilai plus bagi Irjen Pol Imam Sugianto hingga terpilih menjadi Semeru 1. Di pundaknya, kondusivitas Jawa Timur di tahun politik menjelang Pileg dan Pilpres 2024 dipertaruhkan.

Berikut ini riwayat karier Kapolda Jatim yang baru:

Kasat Intelkam Polwiltabes Surabaya

Kapolresta Surabaya Timur

Kapolres Gresik (2008)

Sespri Kapolri

Kapolres Metro Bekasi Kota (2009)

Kapolres Metro Jakarta Selatan (2011)

Ajudan Presiden RI (2012)

Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (2014)

Karobinops Sops Polri (2015)

Wakapolda Kalimantan Barat[1] (2019)

Asisten Operasi Kapolri[2] (2020)

Kapolda Kalimantan Timur (2021)

Kapolda Jawa Timur (2023)

Berdasarkan keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan nomor ST/2360/X/KEP./2023, selain Kapolda Jatim ada lima kapolda lainnya yang dimutasi dan rotasi.

Rinciannya, Kapolda Jawa Timur yang dijabat Irjen Pol Toni Hermanto digantikan oleh Irjen Pol Imam Sugianto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). Sedangkan pejabat lama memasuki masa pensiun.

Posisi Kapolda Kaltim ditempati Irjen Pol Nanang Avianto yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng). Pengganti Irjen Pol Nanang yakni Irjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Irjen Pol Umar Faroq sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dipromosikan menjadi Kapolda NTB.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra digantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang sebelumnya mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Jabatan Kapolda Banten yang kini dijabat oleh Irjen Pol Rudy Heriyanto digantikan oleh Brigjen Pol Abdul Karim.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan membenarkan surat telegram nomor ST/2360/X/KEP./2023 tentang mutasi dan rotasi 55 pati dan pamen Polri.

"Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan area," ujar Ahmad Ramadhan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kapolda Jatim mutasi 55 pati dan pamen Polri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mantan ajudan Presiden SBY mantan Kapolresta Surabaya Timur