Keindahan Telaga Love di Raja Ampat yang Menakjubkan

Jurnalis: Moh. Awin Macap
Editor: Marno

18 September 2023 14:21 18 Sep 2023 14:21

Thumbnail Keindahan Telaga Love di Raja Ampat yang Menakjubkan Watermark Ketik
Telaga Love, salah satu ikon wisata andalan Raja Ampat, Papua Barat Daya. Foto: (Abhie/Ketik.co.id)

KETIK, RAJA AMPAT – Berbicara soal keindahan alam Raja Ampat memang tiada habisnya. Negeri yang dijuluki "Patahan Surga yang Jatuh ke Bumi" ini menyimpan pesona alam yang sulit dijumpai di belahan dunia manapun.

Secara global, titik destinasi yang tersohor dan dikenali khalayak ramai adalah Pulau Piainemo dan dan Wayag. Ternyata selain spot-spot  itu, terdapat salah satu titik destinasi di Raja Ampat bagian selatan yang menghipnotis wisatawan.

Tempat destinasi itu adalah Telaga Love di Pulau Misool Selatan. Kini, tempat ini menjadi salah satu ikon wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.Untuk bisa menikmati keindahan Telaga Love, wisatawan harus menapaki ribuan anak tangga yang memakan waktu sekira 40 menit hingga mencapai puncak.

Di atas puncak Karawapop, wisatawan akan takjub dengan keindahan alam di sekitarnya, Laguna indah yang berbentuk hati yang terbungkus air laut berwarna toska dan gugusan pulau di sekelilingnya menjadi satu perpaduan yang lengkap.

Foto Kawasan wisata Balbullol di Misool, Raja Ampat, Papua Barat Daya.Kawasan wisata Balbullol di Misool, Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Untuk bisa ke tempat yang eksotis ini, wisatawan bisa memilih penerbangan dari ibu kota tujuan Bandara DEO Kota Sorong, Papua Barat Daya. Selanjutnya, wisatawan menempuh perjalanan dengan Kapal laut atau Speed Boat di Pelabuhan Rakyat Kota Sorong dan Pelabuhan Marina.

Jangka waktu yang ditempuh untuk bisa sampai di Misool, kurang lebih 6 jam jika menggunakan Kapal laut dari Pelabuhan Rakyat. Namun, jika menggunakan speed boat hanya memakan waktu kurang lebih 2 jam dari jembatan Marina.

Pulau Misool

Pulau yang terletak di bagian selatan Raja Ampat ini diketahui memiliki puluhan bahkan ratusan spot wisata yang hingga saat ini belum terekspos seluruhnya. Berada persis di bagian barat lepas Pantai Barat Utama Papua dan berbatasan dengan Laut Seram, menjadikan pulau ini berada pada letak yang strategis.

Pulau yang memilki luas wilayah sekira 2.034 kilometer persegi ini juga tak kalah menawan dengan pulau lainya di Raja Ampat. Selain memiliki alam yang eksotis, Misool memiliki situs budaya kuno berupa Petroglif  pada dinding goa di wilayah setempat yang diperkirakan berusia 5.000 tahun.

Terdapat banyak titik destinasi yang eksotis di Pulau Misool, antara lain Goa Keramat, Goa Tengkorak, Telapak Tangan Sunmalelen, Puncak Harfat, Yapap, Danau Ubur-Ubur, Pantai Namlol, Puncak Balbulol serta Danau Karawapop atau yang dikenal sebagai Telaga Love.

Secara geografis, wilayah Misool meliputi perbukitan, hutan lebat, rawa bakau yang diliputi ratusan gugusan pulauBanyak biota laut unik yang bisa dijumpai di perairan Misool, di antaranya ikan hias, penyu dan karang. Pada umumnya seluruh wilayah Raja Ampat memiliki keindahan alam bawa laut yang sudah mendunia.Tak heran, jika Raja Ampat terletak di jantung pusat segitiga karang dunia (Coral Triangle).

Foto Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa'ad (kiri depan) dan Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (kanan depan) saat menerima penghargaan UNESCO Global Geopark di Marrachesh, Maroko. Foto: (Humas Pemprov Papua Barat Daya)Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa'ad (kiri depan) dan Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (kanan depan) saat menerima penghargaan UNESCO Global Geopark di Marrachesh, Maroko. Foto: (Humas Pemprov Papua Barat Daya)

Keaneka ragaman hayati laut tropis Raja Ampat ini juga telah menyabet penghargaan bergengsi, yakni Blue Park di Lisbon, Portugal beberapa waktu lalu. Baru-baru ini Raja Ampat juga dianugerahi penghargaan oleh PBB melalui Badan UNESCO Global Geopark.

Raja Ampat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menerima penghargaan UNESCO Global Geopark pada acara The 10th Internasional Conference on UNESCO Global Geopark di Marracesh Maroko, 7- 9 September 2023 lalu.

Sertifikat penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, didampingi Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa'ad. (*)

Tombol Google News

Tags:

Raja Ampat pariwisata Misool Telaga Love UNESCO Global Geopark