Kontes Kambing Senduro Piala Presiden Digelar di Lumajang

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

27 Agustus 2023 07:07 27 Agt 2023 07:07

Thumbnail Kontes Kambing Senduro Piala Presiden Digelar di Lumajang Watermark Ketik
Cak Thoriq melihat salah satu peserta kontes kambing di Bumi Perkemahan Glagah Arum Senduro (Foto : Kominfo)

KETIK, LUMAJANG – Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq membuka secara resmi Kontes Kambing Senduro Piala Presiden Tahun 2023 di Lapangan Bumi Perkemahan Glagah Arum, Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Minggu (27/8/2023).

Dalam kesempatan ini Bupati Lumajan mengatakan, kegiatan kontes Kambing Senduro tingkat nasional ini merupakan kegiatan yang sudah diharapkan oleh masyarakat utamanya para peternak Kambing Senduro. 

Menurut Bupati, Kontes Kambing Senduro yang dilaksanakan di Lumajang menjadi perhatian para peternak Kambing asal Senduro Lumajang. 

"Sejak lama ini diinginkan sebagai bentuk apresiasi kepada kami para peternak Kambing Senduro, kami berkeinginan agar populasi Kambing Senduro terus dikembangbiakkan. Ini sebuah potensi asli Lumajang yang sudah diakui negara," kata Cak Thoriq, panggilan akrabnya.

Sebagaiman diketahui, Kecamatan Senduro dan Pasrujambe menjadi daerah penghasil hewan ternak kambing dengan karakteristik yang unik. Sehingga banyak Kambing Senduro yang mencapai harga ratusan juta.

Ketua Umum DPP HPPDKI, Yudi Guntara Noor menyebut bahwa Kambing Senduro menjadi salah satu produk peternakan yang patut dibanggakan, tidak hanya masyarakat Lumajang melainkan masyarakat Indonesia, karena kualitasnya sudah diakui sebagai sumber daya genetik asli Indonesia.

"Ini menjadi kebanggan kita semua. Ini asli Indonesia, ini dicatatkan sebagai sumber daya genetik Indonesia. Kontes ini kita selenggarakan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap potensi kita. Ini kita sudah yang ke 4, yang pertama di Jakarta, sekarang ini kita di Lumajang," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kontes kambing senduro Bupati Lumajang berita lumajang hari ini