Lomba Desa Kabupaten Simeulue 2024, Tim Penilai Kunjungi Desa Linggi untuk Klarifikasi Lapangan

Jurnalis: Helman Gusti Fandaya
Editor: M. Rifat

19 Mei 2024 01:44 19 Mei 2024 01:44

Thumbnail Lomba Desa Kabupaten Simeulue 2024, Tim Penilai Kunjungi Desa Linggi untuk Klarifikasi Lapangan Watermark Ketik
Ketua Tim Penilaian Heri Herwanto, SKM., M.AP bersama Kepala Desa Linggi Salmulyadi, S. Sos. I dan Ketua BPD Linggi melihat hasil kerajinan BUMDes Linggi (18/5/2024) (Foto: Helman/Ketik.co. id)

KETIK, SIMEULUE – Desa Linggi Kecamatan Simeulue Timur menjadi duta atau utusan Kecamatan Simeulue Timur dalam kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Simeulue 2024.

Desa Linggi dipandang layak oleh Pemerintahan Kecamatan Simeulue Timur mengikuti lomba itu dan berharap menjadi Juara di tingkat kabupaten Simeulue. Lebih lanjut, diharapkan juga bisa mewakili Simeulue di lomba tingkat Provinsi Aceh tahun ini.

Salah satu proses dalam perlombaan desa ini yaitu dilakukannya kunjungan klarifikasi lapangan oleh tim penilai lomba kabupaten. Tim Penilai melakukan kunjungan ke Desa Linggi Kecamatan Simeulue Timur tepatnya di Teras Masjid Desa Linggi pada Sabtu (18/05/2024).

Tim penilai disambut langsung Camat Simeulue Timur, Ali Afwan, SP, Ketua TP PKK Kec. Simeulue Timur, Kepala Desa Linggi, Salmulyadi S.Sos.I., Sekdes beserta staf, Ketua BPD beserta anggota, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Linggi beserta anggota dan tokoh masyarakat. 

Ketua tim klarifikasi lapangan dr. Armidin diwakili oleh Heri Herwanto, SKM., M.AP menyampaikan sebelum melakukan penilaian mereka memang harus datang ke Desa Linggi untuk memastikan klarifikasi dokumen & kegiatan yang telah berjalan selama ini.

Foto Kepala Desa Linggi Salmulyadi / Helman Ketik.co.idKepala Desa Linggi Salmulyadi (berdiri) (Foto: Helman/Ketik.co.id)

Kegiatan ini juga dilakukan setiap tahun oleh pemerintah daerah untuk melihat dan menilai serta mengevaluasi desa yang mempunyai terobosan baru dan inovasi dalam melaksanakan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

"Dan lomba penilaian desa ini sesungguhnya yang menjadi juri adalah masyarakat desa itu sendiri yang bisa menilai bagaimana terobosan dan inovasi pemerintahan desa dalam pelayanan masyarakat," ucap Heri Herwanto.

Ada beberapa indikator penilaian dalam evaluasi tersebut. Di antaranya administrasi, pendidikan, kesehatan, pengaturan investasi, kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat serta penanggulangan kemiskinan.

Ada juga inovasi, ekonomi, keamanan dan ketertiban, lembaga kemasyarakatan, partisipasi masyarakat, pelestarian adat dan budaya, pemerintahan desa, tanggap dan siaga bencana, pemberdayaan, teknologi informasi, kinerja, profile desa yang juga masuk dalam penilaian..

Kepala Desa Linggi Salmulyadi, S.Sos.I menyampaikan bahwa pemerintah desanya sangat semangat mengikuti lomba ini. Dia menyebut pihkanya telah mempersiapkan segala dokumen pendukung yang diperlukan sesuai dengan apa yang telah berjalan selama ini.

Foto Camat Simeulue Timur Ali Afwan, SP dan Ketua Tim Penilai Lomba Desa  Heri Herwanto, SKM., M. AP saat melihat Penakaran Kepiting Bakau di Desa LinggiCamat Simeulue Timur Ali Afwan, SP dan Ketua Tim Penilai Lomba Desa Heri Herwanto, SKM., M. AP saat melihat Penakaran Kepiting Bakau di Desa Linggi (Foto: Helman/Ketik.co.id)

"Kami berharap agar Desa Linggi bisa juara dalam lomba Desa tingkat Kabupaten Simeulue Tahun 2024 ini. Kami juga mohon petunjuk dan masukannya bilamana ada kekurangan, karena masukan dari bapak dan ibu merupakan pelajaran untuk kami untuk kemajuan Desa Linggi di tahun yang akan datang,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Simeulue Timur, Ali Afwan S.P, Ketua tim rombongan penilai dari Kabupaten Simeulue Heri Herwanto, SKM.,M.Ap beserta rombongan, YAKOPI, DLHK Simeulue, Imum Mukim Ujung Ganting.

Pantauan media ini, Tim Klarifikasi mengunjungi beberapa fasilitas di Desa Linggi. Di antara Posyandu, Bumdes, Penakaran Bibit Kepiting Bakau sistem apartemen, Kantor Desa, BPD, PKK dan Sarana Ibadah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lomba Desa 2024 Simeulue Pemdes Linggi