Lomba Mancing Pacitan: Ajang Kompetisi, Silaturahmi, dan Promosi Wisata

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Marno

2 Juli 2023 14:36 2 Jul 2023 14:36

Thumbnail Lomba Mancing Pacitan: Ajang Kompetisi, Silaturahmi, dan Promosi Wisata Watermark Ketik
Ratusan Peserta tengah sabar menunggu, ikan menyambar umpannya di Pantai Taman, Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan. (Foto: Prokopim Pacitan)

KETIK, PACITAN – Memperingati Hari Laut Nasional, Lorok Fishing Community menggelar Lomba Mancing Pasiran, di Pantai Taman, Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Kegiatan tersebut  jadi ajang kompetisi, silaturahmi dan promosi wisata.

"Acara seperti ini sangat bagus bagi kami para pemancing, karena bisa untuk bersilaturahmi sesama penghobi mancing, sama jadi sarana promosi wisata," tutur Feri pemancing asal Sleman Yogyakarta, Minggu, (2/7/2023).

Lomba yang diikuti ratusan peserta di antaranya, dari Madiun, Nganjuk, Jombang, Yogyakarta, Kebumen, Semarang, Surakarta hingga Bandung. Peserta tersebut memperebutkan 3 jenis kejuaraan, yaitu, bobot ikan jenis bersisik, non sisik, dan ikan terkecil.  

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pun hadir, jelas menambah antusiasme dan kemeriah suasana. Terbukti, dengan banyaknya pengunjung berdatangan, usai kedatangannya di lokasi.

Foto Bupati Pacitan tampak melempar kail pancingnya dalam acara Lomba Mancing. (Foto: Prokopim Pacitan)Bupati Pacitan tampak melempar kail pancingnya dalam acara Lomba Mancing. (Foto: Prokopim Pacitan)

Tak cukup menyaksikan, Bupati Aji turut ambil bagian, dipandu salah satu peserta. Aji tampak melempar kail (surf fishing), bersama dengan peserta lainnya.

Senada, menurut Aji, acara seperti ini sangat bagus, dan berguna untuk mengenalkan spot mancing yang dimiliki Pacitan. Demikian pula, sebagai sarana promosi pariwisata, melalui media sosial maupun peserta dari berbagai wilayah.

"Inilah salah satu bentuk promosi, bahwa mancing di Pacitan, spotnya banyak, ikannya juga banyak, demikian pula jenis mancingnya", katanya.

Aji menambahkan, berdasarkan garis pantai yang panjangnya sekitar 71an kilometer, ditambah melimpahnya biota laut, dan keberagaman keindahan lokasi pemancingan. Sepantasnya, Pacitan merupakan surganya para penghobi mancing (*)

Tombol Google News

Tags:

Lomba Memancing Bupati Pacitan pacitan Pantai Taman Ngadirojo