Lucunya Anak-Anak TK Islam Sabilillah 2 Malang Ikuti Market Day

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

8 Agustus 2024 07:02 8 Agt 2024 07:02

Thumbnail Lucunya Anak-Anak TK Islam Sabilillah 2 Malang Ikuti Market Day Watermark Ketik
Siswa TK Islam Sabilillah 2 Malang saat menawarkan jualannya. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Suasana di TK Islam Sabilillah 2 Malang dipenuhi gelak tawa dari para siswa yang mengikuti market day. Mereka berlatih menjadi penjual dan pembeli yang baik dengan memainkan sebuah peran.

Adinda Rizky Amelia selaku Ketua Majelis Orang Tua Siswa (MOS) menjelaskan, kegiatan tersebut untuk mengajarkan siswa cara bekerjasama dengan tim dalam berniaga.

"Market day ini menjadi pembelajaran agar anak-anak bisa bekerja sama, lebih tangguh karena saat berjualan kan ada up and down. Alhasil kami ingin melatih anak-anak sejak dini untuk mempunyai ketahanan dan ketangguhan," ujarnya, Kamis (8/8/2024).

Sebelum praktik berniaga, anak-anak diberikan penjelasan sederhana terkait cara menjadi penjual dan pembeli. Terdapat dua kelas yang mengikuti kegiatan tersebut. Setiap kelas diberikan kesempatan secara bergilir untuk memerankan penjual dan juga pembeli.

Ketika praktik dimulai, anak-anak dengan lihai menawarkan jualannya. Mereka juga telah dibekali uang mainan untuk bertransaksi. Kegiatan tersebut mendapatkan pendampingan dari para orang tua.

"Antusiasnya anak-anak sangat luar biasa. Mereka senang sekali karena mungkin ini kali pertama anak-anak melakukannya. Semoga ini menjadi pengalaman yang berkesan bagi mereka belajar jual-beli," tambahnya.

Tak hanya mengajarkan anak cara jual-beli, market day juga menghadirkan jajanan tradisional dan khas tempo dulu. Mulai dari getuk, cenil, beragam jajanan pasar, hingga jamu tradisional.

"Kami ingin mengenalkan anak-anak tentang budaya karena belum tentu mereka tahu apa makanan khas jaman dulu, makanan di Jawa seperti apa. Jadi kina kenalkan sehingga mereka tahu dan mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya," tutup Adinda.(*)

Tombol Google News

Tags:

TK Islam Sabilillah 2 Malang Siswa TK Belajar Berjualan Market Day