Lumajang Siap Jadi Kabupaten Sehat, Ini Penjelasan Cak Thoriq

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

25 Juli 2023 14:22 25 Jul 2023 14:22

Thumbnail Lumajang Siap Jadi Kabupaten Sehat, Ini Penjelasan Cak Thoriq Watermark Ketik
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika memaparkan persiapan menuju Kabupaten Sehat (Foto : Kominfo)

KETIK, LUMAJANG – Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq memaparkan sejumlah program Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada Tim Verifikator untuk mendukung Lumajang menjadi Kabupaten/ Kota Sehat Nasional. Pemaparan tersebut dilakukan melalui zoom meeting di Comand Centre Room, Kantor Bupati Lumajang, Selasa (25/7/2023).

Cak Thoriq menjelaskan, beberapa program tersebut lintas sektor yang melibatkan sejumlah perangkat daerah, organisasi masyarakat, dan sinergi TNI-Polri.

Selain itu, ada Organisasi Forum Lumajang Sehat yang pendekatannya terintegrasi komperhensif dan menerapkan pendekatan sosiokultural.

“Ini saling berkolaborasi dan bersinergi dari berbagai problem dan penyelesaian masalah yang bisa kita tuntaskan mulai dari penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), stunting dan program kesehatan lain di Kabupaten Lumajang,” kata Bupati Lumajang yang akrab dipanggil Cak Thoriq.

Alumunus UINSA Surabaya itu menjelaskan, pemerintah telah melakukan penataan pemukiman dan fasilitas umum sehat, yang melingkupi penyediaan dan peningkatan akses air minum dan sanitasi aman serta mengintegrasikan TPS 3R berbasis masyarakat.

Selain itu, penataan dilakukan di sejumlah pasar dengan melakukan revitalisasi pasar rakyat untuk mewujudkan pasar sehat.

Kemudian, untuk sektor pariwisata juga mendapatkan perhatian dari bidang kesehatan melalui optimalisasi penyediaan pelayanan kesehatan pada daya tarik wisata.

Cak Thoriq mengakui, dukungan program menuju Lumajang Kabupaten Sehat ditunjukan melalui tatanan transportasi dan lalu lintas, tata kelola pertambangan pasir, serta dengan penataan perkantoran dan perindustrian sehat melalui regulasi kebijakan kesehatan di perkantoran dan industri.

Ia menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan penataan perlindungan sosial yang fokus pada penurunan angka kemiskinan kabupaten.

"Pemerintah Lumajang juga fokus pada tatanan pencegahan dan penanganan bencana lantaran Kabupaten Lumajang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi," urai Cak Thoriq. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lumajang Kabupaten Sehat Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq berita lumajang hari ini