Mahasiswa UIN KHAS Jember Ukir Prestasi di Ajang OASE 2023

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

21 Juni 2023 15:36 21 Jun 2023 15:36

Thumbnail Mahasiswa UIN KHAS Jember Ukir Prestasi di Ajang OASE 2023 Watermark Ketik
Mahasiswa FTIK UIN KHAS Jember Juara 3 Inovasi Media Pembelajaran di ajang OASE II se-Indonesia. (Foto: UIN KHAS Jember)

KETIK, JEMBER – Lagi-lagi membanggakan. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember kembali mengukir prestasi.

Kali ini prestasi mahasiswa diraih dari ajang Olimpiade Agama Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE) II se-Indonesia tahun 2023. Perlombaan itu digelar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berlangsung pada 14-17 Juni 2023 kemarin.

Mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Tadris Biologi berhasil membawa pulang medali perunggu. Mahasiswa tersebut yaitu Wildan Hermansyah, Azmi Ilmagfiroh, dan Nilnalminach Ziyadatul’ishmah.

Mereka berhasil menciptakan inovasi media pembelajaran biologi bagi kalangan siswa sekolah menengah atas.

Wildan selaku Ketua tim mengatakan bahwa produk media pembelajaran itu berupa aplikasi artikel biologi terbimbing. “Namanya Guided Biology Article. Untuk membantu proses penyusunan artikel dilengkapi dengan fitur bantuan atau konsultasi dan dibantu pengerjaan per tahap,” paparnya.

Media pembelajaran itu mengusung konsep kurikulum merdeka untuk meningkatkan daya pikir 4C. “Berkaitan dengan critical thinking, creative thinking, communication, dan collaboration,” jelas pria berkacamata itu.

Dirinya berharap aplikasi media pembelajaran ini dapat digunakan secara berkelanjutan bagi para tenaga pendidik khususnya biologi di SMA/MA.

“Tujuan kami membuat media belajar ini agar berkontribusi membantu pendidikan di manapun dia berada,” papar Wildan.

Disamping itu, adapun kontingen UIN KHAS Jember lainnya juga meraih Juara 6 pada cabang lomba Fahmil Qur’an. Lomba cerdas cermat ini diketuai Ahmad Qoys Jamalailail bersama timnya, Maslah Datil Ben dan Hilyatul Azhar Al Hanifah.

Terpisah, Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto mengungkapkan apresiasinya terhadap mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi tersebut. Menurutnya, kompetisi dapat mengasah kemampuan mereka dalam bidang disiplin ilmu untuk terjun di tengah masyarakat.

“Selamat, kami (sivitas akademika UIN KHAS Jember) sangat bangga mendengar kabar kemenangan ini,” ujarnya singkat.(*)

Tombol Google News

Tags:

UIN KHAS Jember juara 3 OASE 2023 inovasi media pembelajaran