Mayat Nelayan Ditemukan Terapung di Perairan Pantai Pancer Door

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

16 Januari 2024 06:50 16 Jan 2024 06:50

Thumbnail Mayat Nelayan Ditemukan Terapung di Perairan Pantai Pancer Door Watermark Ketik
Jenazah nelayan hilang tak kunjung pulang telah di evakuasi oleh petugas. (Foto: Tangkapan layar/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Mayat seorang nelayan ditemukan terapung di perairan pantai Pancer Door, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (16/01/2024) pagi sekitar pukul 07.30 WIB. 

Mayat tersebut diketahui bernama Subandi, warga Lingkungan Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Kapolsek Pacitan, AKP Sugeng Rusli Muslan, mengatakan bahwa mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh nelayan sekitar pukul 07.30 WIB. 

"Telah ditemukan mayat atau Jenazah dengan kondisi mengapung dengan masih mengunakan kaos lengan panjang warna abu-abu dan celana panjang warna hitam," kata AKP Sugeng saat memberikan keterangan.

Nelayan tersebut kemudian melaporkan penemuan mayat tersebut kepada petugas kepolisian.

"Dari informasi tersebut Pelapor (petugas Pol Airud) bersama Bhabinkamtibmas dan BPBD segera melakukan evakuasi. Diketahui dari ciri-ciri jenazah merupakan pemilik Prahu yang kemarin ditemukan di tepi pantai," ungkapnya.

Dari hasil identifikasi, diketahui bahwa mayat tersebut adalah Subandi, yang sebelumnya dilaporkan hilang sejak Senin (15/01/2024) malam.

Subandi diketahui berangkat mencari ikan selepas maghrib, Minggu (14/1/2024) petang. Selanjutnya, kira-kira pukul 03.00 WIB dini hari, perahunya sudah terdampar di pesisir pantai, tapi orangnya tidak ada.

"Dari keterangan saksi, Subandi diduga meninggal dunia akibat kecelakaan laut akibat tergulung ombak," lanjut AKP Sugeng.

Mayat pria berusia 45 tahun itu kemudian dibawa ke RSUD dr. Darsono Pacitan untuk dilakukan visum. Hasil visum menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh Subandi.

"Dari keterangan Medis setelah dilakukan Visum diketahui mayat atau jenazah murni korban Laka laut karena tidak ditemukan bekas penganiayaan atau upaya menghilangkan nyawa orang lain," jelasnya.

Selain itu, petugas juga menemukan barang bukti berupa satu buah kaos lengan panjang warna abu-abu, satu buah celana panjang warna hitam, dan satu buah jaring ikan di dekat lokasi penemuan mayat. Barang bukti tersebut diduga milik korban.

Setelah dilakukan visum, jenazah Subandi diserahkan kepada pihak keluarga untuk dilakukan pemakaman. Jenazah dimakamkan oleh pihak keluarga di Makam Kucur Pacitan.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses evakuasi dan pencarian jenazah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Nelayan Hilang di Pacitan Jenazah Nelayan Telah Ditemukan Penemuan Mayat di Pamcer door Pacitan