Menag Lepas Pemberangkatan Perdana Haji, Apresiasi Layanan 'Fast Track'

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

24 Mei 2023 00:29 24 Mei 2023 00:29

Thumbnail Menag Lepas Pemberangkatan Perdana Haji, Apresiasi Layanan 'Fast Track' Watermark Ketik
Menag Yaqut Cholil Qoumas melepas pemberangkatan perdana jemaah haji di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (24/5/2023) dini hari. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KETIK, TANGERANG – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memuji pelayanan fast track di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Hal itu dilayangkan saat melepas Kelompok Terbang (Kloter) perdana jemaah haji telah berangkat ke Tanah Suci, Mekah.

"Kita lepas Kloter Pertama dari Bandara Soetta ini. Tadi kita sempat melihat fast track (pelayanan imigrasi) yang ada di sini," ujar Menteri Yaqut saat melepas keberangkatan jemaah haji perdana di Bandara Soetta, Rabu (24/5/2023) dini hari dilansir RRI.

Menag mengatakan, ada sekitar 55 ribu jemaah haji nantinya akan berangkat melalui lokasi ini. Sehingga akan memudahkan nanti ketika jemaah sampai di Tanah Suci.

"Mereka tinggal langsung ke hotel. Semua sudah diurus dari sini. Hal ini akan memudahkan para jemaah kita, apalagi kita tahu tema haji tahun ini adalah 'Haji Ramah Lansia'," ucapnya.

Yaqut menilai apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi terkait pelayanan fast track ini sangat membantu para jemaah. Kementerian Agama juga disuport oleh DPR RI.

"Tahun depan kita usahakan fast track tidak hanya di sini melainkan di beberapa tempat. Terutama di provinsi yang jemaahnya banyak seperti Aceh dan Jawa Timur," ujarnya menambahkan.

Pelepasan perdana jemaah haji di Bandara Soetta bukan hanya dihadiri Menteri Agama, Yaqul Cholil Qoumas. Namun, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi, Wakil Ketua MPR RI, Yandri Soesanto dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tb Ace Hasan Syadzili.

Sementara, jemaah haji yang kloter perdana yang diberangkatkan menuju Madinah, Arab Saudi sebanyak 388 orang. Mereka berasal dari Jakarta melalui Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede.

Para jemaah haji itu bertolak dari Bandara Soetta pukul 00.30 WIB. Seluruhnya diterbangkan oleh maskapai Garuda Indonesia GA 7301. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ibadah Haji Kloter pertama Menag Gus Yaqut