Milisi Palestina Tembak Roket ke Yerusalem, Israel Kian Brutal di Gaza

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

12 Mei 2023 23:24 12 Mei 2023 23:24

Thumbnail Milisi Palestina Tembak Roket ke Yerusalem, Israel Kian Brutal di Gaza Watermark Ketik
Ilustrasi. Milisi Palestina menembakkan sejumlah roket ke arah Yerusalem pada Jumat (12/5/2023). (Foto: Istockphoto)

KETIK, JAKARTA – Milisi Palestina menembakkan sejumlah roket ke arah Yerusalem pada Jumat (12/5/2023). Sementara Israel terus melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza.

Sirene meraung di Kota Beit Shemesh, juga di perbukitan di dekat Yerusalem. Letupan-letupan kecil juga terdengar di sejumlah penjuru Yerusalem, diduga dari sistem pertahanan rudal Israel yang bekerja keras mencegat roket milisi Palestina.

Media lokal melaporkan pasukan pertahanan udara Israel menembak jatuh dua roket jarak jauh. Namun, militer Israel belum mengonfirmasi laporan tersebut.
Sementara itu, kota-kota Israel di dekat Jalur Gaza juga dihujani roket. Tak lama setelah itu, Israel pun menggempur balik dengan melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza.

Saling serang ini merupakan pertikaian terbaru di tengah peningkatan ketegangan antara Israel dan milisi di Jalur Gaza belakangan ini.

Sejak awal pekan ini, Israel terus menggempur Jalur Gaza. Dalam salah satu serangan, Israel menewaskan tiga komandan milisi Jihad Islam.

Beberapa hari kemudian, Israel kembali unjuk kekuatan dan merenggut nyawa seorang Jihad Islam. Tak tinggal diam, Jihad Islam pun terus menggempur balik.

Situasi di kawasan tersebut memang meningkat dalam beberapa bulan belakangan. CNN melaporkan Israel dan sejumlah milisi di Jalur Gaza kerap saling serang karena berbagai isu. Salah satunya saat jemaah di Masjid Al Aqsa diserang bulan lalu.

Setelah itu, milisi-milisi Palestina juga mengamuk karena kematian salah satu tokoh Jihad Islam, Khader Adnan. Dia meninggal dunia di tahanan Israel setelah mogok makan 87 hari.

Warga di Jalur Gaza pun sudah mempersiapkan diri untuk kondisi terburuk, salah satunya Monther Abdullah. "Semua merasa takut dan warga sudah tak banyak berkeliaran di jalan. Saya benar-benar merasa akan ada perang. Ada ketegangan dan ketakutan, baik di sini mau pun di sana," katanya kepada jurnalis CNN. (*)

Tombol Google News

Tags:

Palestina roket Yerussalem gaza Israel