Napak Tilas Perjuangan, Gubernur Khofifah Lepas 8 Ribu Peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2023

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

4 November 2023 22:15 4 Nov 2023 22:15

Thumbnail Napak Tilas Perjuangan, Gubernur Khofifah Lepas 8 Ribu Peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2023 Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat melepas ribuan peserta GMS 2023 di Mojokerto (4/11/2023). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, MOJOKERTO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan ribuan peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya (GMS) yang digelar di Lap. Raden Wijaya Surodinawan Kota Mojokerto, Sabtu (4/11/2023).

Acara gerak jalan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Timur dan juga untuk menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November mendatang.

Gubernur Khofifah mengatakan pada gelaran GMS yang menempuh jarak sepanjang 55 Kilometer ini menjadi momen napak tilas sejarah perjuangan para pahlawan terdahulu dalam mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah. Diikuti oleh 8.041 peserta dari seluruh kelompok usia dan dari seluruh daerah, selain itu juga event ini dimeriahkan parade sepeda juang yang diikuti oleh 3.000 peserta sepeda kuno.

"Selamat mengikuti gerak jalan, dan yang bersepada juga selama mengikuti pergerakan kepahlawanan yang begitu luar biasa. Mudah mudahan sehat, selamat sampai di tujuan, serta menyenangkan,"jelas Khofifah saat membuka GMS 2023 di Mojokerto, (4/11/2023).

Foto Bendera merah putih membentang sepanjang 178 meter berhasil memecahkan rekor MURI. (Foto: Humas Pemprov Jatim)Bendera merah putih membentang sepanjang 178 meter berhasil memecahkan rekor MURI. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Sementara itu Kadispora Jatim Ali Kuncoro menuturkan untuk menghibur para peserta pihaknya telah menyiapkan panggung hiburan di garis finish yang diisi oleh berbagai artis ternama seperti Denny Caknan, Mr Jono Joni, Snapburn, The Sabtu Pahing, JP Band, dan juga Dj Nanda. Tidak hanya itu Pemprov Jatim juga telah menyiapkan hadiah Total hadiah mencapai Rp. 102.5 juta untuk para peserta gerak jalan.

"Kami telah menyiapkan berbagai acara hiburan bagi para peserta yang memang tujuannya untuk menghibur mereka. Salah satunya Denny Caknan yang merupakan artis kebanggaan Jawa Timur," tutur Ali.

Lebih lanjut pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah menerima Rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pemrakarsa Gerak Jalan Mengarak Kain Merah Putih Terpanjang 178 Meter dengan menempuh jarak 55 KM.

Perwakilan MURI Ari Andriani menegaskan, Muri memandang, Gubernur Khofifah patut mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai Pemrakarsa Gerak Jalan Mengarak Kain Merah Putih Terpanjang sepanjang 178 Meter.

Angka 78 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 78 dari Provinsi Jawa Timur dan menjadi rekor yang belum pernah ada sebelumnya. Sementara, kain merah putih yang terbentang dan terpanjang menjadi pertanda dalam memperingati Hari Pahlawan.

"Pemberian Rekor Muri ini adalah pemberian Rekor ke 25 selama masa pemerintahan ibu Gubernur Khofifah menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur. Terima Kasih atas seluruh inovasi dan kreatifitas yang diberikan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Gubernur Jatim GMS 2023 Hari Pahlawan HUT ke-78 Provinsi Jawa Timur