Optimistis Kunjungan Naik saat Libur Sekolah, Pemkab Pacitan Rancang Paket Wisata

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

28 Juni 2024 01:54 28 Jun 2024 01:54

Thumbnail Optimistis Kunjungan Naik saat Libur Sekolah, Pemkab Pacitan Rancang Paket Wisata Watermark Ketik
Destinasi pantai di Pacitan yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparbudpora) setempat menargetkan kenaikan kunjungan wisatawan selama libur sekolah dua minggu ini.

Kepala Disparbudpora Pacitan, Turmudi, optimistis target tersebut dapat tercapai dengan berbagai upaya promosi dan pengembangan objek wisata.

"Selama libur sekolah dua minggu ini Disbudparpora tentunya punya target, paling tidak 3-5 persen dari total target PAD. Jadi sehingga nanti pas diakhir tahun meskipun tidak 100 persen, 80-85 persen kita tercapai. Itu estimasi," ujar Turmudi, Jumat (28/6/2024).

Salah satu strategi yang dilakukan Disbudparpora adalah gencar melakukan promosi, baik melalui media sosial maupun offline. Disbudparpora juga tengah merancang akan meluncurkan paket wisata dan meningkatkan fasilitas di berbagai destinasi.

"Tapi kalaupun 100 persen 80-85 persen kita kerjakan. Jadi kita gencar promosi dan juga nanti sebentar lagi kita akan paketlah paket usaha dan data di masing-masing destinasi. Itu upayakan kita tambah misalnya ada Jeep di Pacitan dan sebagainya, kami upayakan ada dan bisa masuk," jelas Turmudi.

Disbudparpora juga menjalin komunikasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur untuk mendorong wisatawan mengunjungi objek wisata di Jawa Timur.

"Kemarin kami mencoba untuk mendorong wisatawan, utamanya yang dari luar daerah, kalau bisa jadi orang Jawa Timur itu wisatanya ke Jawa Timur. Tapi, kita tidak bisa mengarahkan masing-masing lembaga atau organisasi Itu untuk mau berwisata kemana. Karena mereka juga melihat anggaran dan lain sebagainya," ungkap Turmudi.

Turmudi juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut mempromosikan wisata Pacitan. "Barangkali nanti teman-teman dari lembaga atau apapun bisa berwisata kami juga berterima kasih," imbuhnya.

Sementara, terkait pengembangan wisata kuliner, Disparbudpora Pacitan masih berkoordinasi dengan para penggiat kuliner di Pantai Pancer.

"Untuk yang di Pancer masih bekerja sama dengan teman-teman penggiat kuliner untuk perkembangannya sudah sejauh mana kita belum pantau ke sana karena kesibukan teman-teman di kantor. Tapi insyaallah bisa dimaksimalkan," tandas Turmudi. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan disparbudpora pacitan Wisata di Pacitan