Pacitan Harus Terbebas dari HIV-AIDS

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

12 Maret 2023 08:27 12 Mar 2023 08:27

Thumbnail Pacitan Harus Terbebas dari HIV-AIDS Watermark Ketik
Suasana World Day Aids 2022 di Pacitan. (Foto: Dinkes Pacitan)

KETIK, PACITAN – World Aids Day 2022 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh Himpunan Perusahaan Peraih Penghargaan Program P2HIV Aids (HIPPHA) Jawa Timur memilih Kabupaten Pacitan sebagai tuan rumah puncak kegiatan.

Sesuai arti, Kata “Equalize” yang terpampang di tema nasional, “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri Aids” dengan blok merah menyala harus benar-benar menyamakan.

Menyamakan hak penyandang HIV dan Aids sebagai sesama manusia. Menghapus stigma sehingga tidak ada diskriminasi sosial ditengah-tengah masyarakat.

“Sebenarnya rencana sudah dirancang sejak bulan Oktober kemarin. Hari ini, meski hujan tetap semangat,” kata Soni Lesmana, Ketua HIPPHA Jatim.

Dirinya mengaku bersyukur, puncak acara yang gelar dipilih di Pacitan ini disambut dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat.

HIPPHA mendorong terhadap karyawan dan karyawati perusahaan untuk melangkah aktif terhadap masyarakat, untuk kampanye berperilaku sehat tanpa HIV maupun Narkoba. Karena pihaknya meyakini bahwa masyarakat sehat negara kuat.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan dr. Hendra Purwaka mengatakan dibutuhkan kekompakan dan dukungan masyarakat dan utamanya pembina. Supaya para penyandang dan masyarakat dapat hidup berdampingan. “Ini bisa meminimalisir penyebaran,” ujar Hendra. (*) 

Tombol Google News

Tags:

world day aids dinkes pacitan pemkab pacitan pacitan