Pasar Murah di Dinoyo Kota Malang Resmi Dibuka, Serbu!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

8 Juni 2024 06:10 8 Jun 2024 06:10

Thumbnail Pasar Murah di Dinoyo Kota Malang Resmi Dibuka, Serbu! Watermark Ketik
Kios Pangan Murah yang ada di Pasar Dinoyo Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kios Pangan Murah yang ada di Pasar Dinoyo, Kota Malang telah dibuka. Pada kios pangan tersebut harga-harga kebutuhan pokok dijual lebih murah dibandingkan di kios lain.

Maino Dwi Hartono selaku Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Badan Pangan Nasional (Bapanas) menjelaskan Kios Pangan juga upaya untuk mengendalikan harga dan juga inflasi.

"Ada monitoring di lapangan, inisiatif baru buat kami untuk membuat Kios Pangan. Ini bagian dari upaya Pemerintah untuk menyediakan bahan pangan khususnya bahan pangan strategis yang lebih murah dan terjangkau," ujar Maino, Sabtu (8/6/2024).

Kios Pangan tersebut dikelola oleh pemerintah daerah yang bersinergi dengan berbagai stakeholder pangan. Supplier yang berasal langsung dari produsen pertama, mulai dari Bulog, petani, peternak, dan lainnya menjadi penyebab bahan pokok lebih terjangkau.

"Ini tentu ada integrasi dengan pemerintah yang harganya bisa kita tekan, bisa kita jaga lebih terjangkau oleh masyarakat. Apalagi supliernya dari temen temen produsen pertama. Ada Bulog, petani dan peternak, semuanya," lanjutnya.

Saat disinggung terkait kenaikan harga beras SPHP yang mendekati dengan harga beras premium, Maino menyebut bahwa pemerintah tengan memberikan perhatian terhadap petani dengan menaikkan Harga Pokok Penjualan (HPP).

Harga gabah kering sebelumnya Rp 5.000 kini naik menjadi Rp 6.000, sedangkan beras di Gudang Bulog dari harga awal Rp 9.950 kini menjadi Rp 11.000 per kilogram.

"Harapannya petani bisa mendapat yang lebih baik, kalau dinaikkan pasti di hilir melakukan penyesuaian. Karena ada transportasi, pengemasan, marjin pedagang marjin distributor. Sehingga setelah kita menghitung semuanya, pelaku pangan terutama beras HET menjadi Rp 14.500," terangnya.

Melalui Kios Pangan, ia mengimbau masyarakat tidak mengkhawatirkan kenaikan harga bahan pokok lainnya. Ia juga berharap upaya Kota Malang tersebut dapat menjadi percontohan bagi daerah lain.

"Ini mungkin baru dimulai di Kota Malang, harapannya nanti berkembang di kota lainnya, berkembang bahan pangan yang lebih murah dan terjangkau. Sehingga harapan kita semuanya harga bisa kita kendalikan begitu juga dengan inflasi," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kios Pangan Murah Pasar Dinoyo Kota Malang