Pasca-ledakan Mercon, Polres Bangkalan dan Jibom Satbrimob Polda Jatim Lakukan Olah TKP

Jurnalis: Ismail Hasyim
Editor: M. Rifat

20 April 2024 15:02 20 Apr 2024 15:02

Thumbnail Pasca-ledakan Mercon, Polres Bangkalan dan Jibom Satbrimob Polda Jatim Lakukan Olah TKP Watermark Ketik
Petugas gabungan Polres Bangkalan dan Jibom Satbrimob Polda Jatim melakukan olah TKP, Sabtu (20/04/2024) (Foto: Humas Polres Bangkalan/Ketik co.id)

KETIK, BANGKALAN – Petugas gabungan dari Polres Bangkalan dan Jibom Satbrimob Polda Jawa Timur pada Sabtu, 20 April 2024, melakukan pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP) sebuah ledakan petasan yang terjadi di Desa Sembilangan, Kecamatan Kota, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Di lokasi kejadian, tim penjinak bom dan petugas kepolisian menyisir reruntuhan untuk mencari sisa-sisa bahan peledak. Mereka menemukan beberapa selongsong besar dari petasan yang diduga kuat sebagai penyebab ledakan.

"Kami menemukan selongsong mercon berukuran besar di lokasi. Berdasarkan dampak kerusakan yang ada, kami menduga terdapat sekitar satu kilogram bahan peledak yang digunakan dalam pembuatan petasan tersebut," ujar Kasatreskrim Polres Bangkalan, AKP Heru Cahyo.

Selama proses pemeriksaan TKP, ditemukan belasan selongsong petasan berukuran jumbo. Semua barang bukti yang ditemukan telah dikumpulkan dan akan dianalisis lebih lanjut di laboratorium forensik Polda Jawa Timur.

"Kami masih mendalami kegiatan yang dilakukan oleh ketiga korban pada malam hari sebelum ledakan terjadi. Saat ini, belum dapat dipastikan apakah mereka sedang meracik petasan atau melakukan aktivitas lain. Penyelidikan masih berlanjut dengan memeriksa saksi-saksi yang ada," tambah AKP Heru.

Petugas juga melakukan sterilisasi lokasi agar tak terjadi ledakan susulan di tempat itu. Hingga kini garis polisi masih dipasang di lokasi dan petugas meminta warga tak mendekat.

"Kami lakukan sterilisasi agar tidak ada lagi ledakan," imbuhnya.

Sebelumnya, telah dilaporkan sebuah rumah di Desa Sembilangan mengalami kerusakan parah akibat ledakan petasan pada Jumat, 19 April 2024, sore hari. Insiden tersebut mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka-luka. (*)

Tombol Google News

Tags:

PolresBangkalan Tim Jibom Polda Jatim oleh TKP Ledakan petasan