PDIP Pertimbangkan Koalisi dengan Demokrat di Pilkada Pacitan 2024

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

8 Mei 2024 08:05 8 Mei 2024 08:05

Thumbnail PDIP Pertimbangkan Koalisi dengan Demokrat di Pilkada Pacitan 2024 Watermark Ketik
Ribuan kader dan simpatisan PDI Perjuangan menghadiri peresmian Rumah Rakyat DPC PDI Perjuangan Pacitan, (20/12/2024) lalu. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Pacitan, Jawa Timur tengah merapatkan strategi untuk menyongsong Pilkada 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan dan Pemilihan Umum (Bappilu) DPC PDIP Pacitan, Sunyoto Kariawan menyatakan bahwa mereka tengah membuka pendaftaran cabup-cawabup untuk umum, tidak terbatas dari kader partai.

Namun, karena PDIP belum memenuhi ambang batas pencalonan, tentunya mereka harus berkoalisi dengan partai lain.

"Sampai saat ini secara pasti belum ada nanti bakal gandengan parpol mana, tentunya kami akan melakukan pendekatan dengan parpol yang lain," ungkap Sunyoto, kepada Ketik.co.id, Rabu (8/5/2024).

Kendati demikian, PDIP Pacitan belum merekomendasikan siapa calon yang akan diusung. Mereka menegaskan bahwa tidak menutup kemungkinan mengambil kader dari luar partai.

"Kemungkinan-kemungkinan pasti ada. Semuanya tidak ada yang mustahil," ujar Sunyoto.

Terkait kemungkinan koalisi dengan Demokrat sebagai partai penguasa, PDIP menyatakan bahwa semua opsi sedang dipertimbangkan.

"Semuanya serba mungkin, kami tidak menutup kepada siapapun, bahkan Demokrat. Yang penting kami kan demi Pacitan, dan bagaimana agar warga Pacitan lebih sejahtera, tertata dengan baik," jelas Sunyoto.

Hingga saat ini, PDIP Pacitan masih menunggu instruksi dari pengurus wilayah maupun pusat. 

Terkait penjadwalan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati, PDIP Pacitan telah membuka pada hari ini 8 Mei, berlangsung hingga 20 Mei 2024 mendatang.

"Kami melakukan pendaftaran terbuka. Kalau bisa ya sepaket cabup-cawabupnya dari PDIP, nah nanti baru kita bicarakan dengan partai koalisi," pungkas Sunyoto. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan PDIP Pacitan #Pilkada2024