Pembelajaran P5 Ajarkan Pengetahuan sekaligus Praktik Demokrasi di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: M. Rifat

2 November 2023 19:00 2 Nov 2023 19:00

Thumbnail Pembelajaran P5 Ajarkan Pengetahuan sekaligus Praktik Demokrasi di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Watermark Ketik
Siswa-siswa SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo mempraktikkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di ballroom sekolah pada Rabu (1/11/2023). (Foto: SMP Al Falah Deltasari)

KETIK, SIDOARJO – Berjiwa demokratis merupakan salah satu ciri karakter profil pelajar Pancasila. Belajar sekaligus praktik proses berdemokrasi akan memberikan mereka bekal pengetahuan, sikap, dan keterampilan berdemokrasi.

SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo mengadakan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 ini berlangsung di ballroom sekolah dari tanggal 1 hingga 10 November 2023. Temanya adalah "Suara Demokrasi: Demokrasi dalam Aksi yang Adil dan Beretika".

Kegiatan dibuka oleh Kepala SMP Al Falah Deltasari Gatot Purwanto pada Rabu (1/11/2023). Gatot Purwanto mengatakan, pembelajaran P5 ini bertujuan sangat penting. Sebab, P5 ini mampu mengenalkan para siswa kepada konsep teori demokrasi sekaligus memberikan pengalaman praktik langsung proses demokrasi.

"Salah satu aspek penting kegiatan ini adalah integrasi pembelajaran projek berupa pemilihan ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Remas (Remaja Masjid), dan MPK (Majelis Perwakilan Kelas). Para siswa terlibat aktif dalam proses demokrasi di sekolah," jelasnya.

Dalam pembukaan kegiatan, dua narasumber diundang untuk memberikan wawasan yang berharga kepada para siswa. Mereka membahas peran media dalam demokrasi, memberikan pemahaman bagaimana media massa memainkan peran penting dalam proses demokrasi.

Selain itu, membahas prinsip-prinsip dan praktik demokrasi. Bagaimana prinsip-prinsip dasar demokrasi dan bagaimana mengimplementasikannya di tingkat sekolah, desa, daerah, hingga negara.

Dalam kesempatan tersebut, diumumkan juga para kandidat calon ketua OSIS, Remas, dan MPK. Kelas-kelas masing-masing  menyiapkan pasangan calon kandidat dan tim sukses, kelas penyelenggara pemilu, kelas pengawas pemilu, tim sukses, kelas peneliti ahli, serta kelas media massa.

Selama periode pembelajaran projek P5, para siswa diarahkan untuk aktif terlibat dalam berbagai aktivitas. Seperti menyusun visi-misi dan program kerja calon ketua, mengadakan kampanye melalui media massa, debat kandidat, penelitian elektabilitas calon, serta orasi dan hari pemilihan.

"Ini upaya yang luar biasa dalam mempersiapkan generasi muda menjadi pemimpin masa depan yang demokratis, adil, dan beretika," sambung Gatot Purwanto.

Dengan mengintegrasikan pembelajaran demokrasi dalam konteks praktik yang nyata, SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo membantu siswa-siswa untuk lebih memahami pentingnya suara demokrasi dan bagaimana berkontribusi langsung dalam mewujudkannya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan SMP Al Falah Al Falah Deltasari sidoarjo Pendidikan Demokrasi