Pemilih Pemula di Kota Batu Ikuti Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

20 Desember 2023 09:46 20 Des 2023 09:46

Thumbnail Pemilih Pemula di Kota Batu Ikuti Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024 Watermark Ketik
Pemilih Pemula di Kota Batu mengikuti Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024 di TPS yang digelar KPU Kota Batu, Rabu (20/12/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sejumlah Pemilih Pemula di Kota Batu mengikuti sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 dan Simulasi Pemungutan Suara di TPS yang digelar KPU Kota Batu, Rabu (20/12/2023).

Pemilih pemula yang mayoritas Pelajar SMA tersebut dengan seksama mengikuti tahap demi tahap simulasi pemungutan suara. Mulai dari mengantri, mengisi daftar hadir, mencoblos hingga mencelupkan jari ke tinta.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Marlina mengatakan sosialisasi dan simulasi itu penting dilakukan agar peserta bisa menyebar luaskan informasi terkait pemilu 2024.

"Hari ini, sosialisasi dengan tokoh masyarakat kemudian dari siswa sekolah yang merupakan pemilih pemula. Kegiatan sosialisasi ini digabung dengan kegiatan bimtek untuk PPK dan PPS karena akan melakukan simulasi cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS," katanya.

Marlina menguraikan, dalam pemungutan suara pemilu 2024 ada yang berbeda dengan pemilu 2024. Yaitu penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap.

Dikatakannya, Sirekap itu nanti digunakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk merekapitulasi hasil pemungutan suara.

"Kami berharap dengan sosialisasi ini mereka bisa menyampaikan sosialiasi ini ke masyarakat lebih luas. Jadi teknis pemilu nanti bisa berjalan lancar dan efisien. Selain itu, juga meminimalisir surat suara tidak sah," ujarnya.

Marlina menegaskan, jika teknis pemungutan suara tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Maka waktu pemungutan suara di TPS akan berjalan efisien. Oleh karena itu, diharapkan pemilih ketika datang ke TPS sudah tahu Caleg atau Paslon yang akan dipilih.

"Kami ingin di sisa waktu 55 hari ini, peserta dapat mensosialisasikan ke masyarakat lebih luas soal kapan, Paslon, dan informasi lainnya terkait pemilu 2024. Agar di TPS nanti, mereka bisa cepat melakukan pemungutan suara," urainya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu KPU Kota Batu pemilu 2024