Pemkot Malang Berikan Beasiswa Kepada 320 Pelajar dan Mahasiswa

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

2 September 2023 08:40 2 Sep 2023 08:40

Thumbnail Pemkot Malang Berikan Beasiswa Kepada 320 Pelajar dan Mahasiswa Watermark Ketik
Ilustrasi pemberian beasiswa kepada pelajar di Kota Malang. (Foto: Malangkota.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang berupaya mengentaskan masalah kemiskinan. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada 320 pelajar dan mahasiswa di Kota Malang.

Dari jumlah tersebut, terbagi atas 120 penerima dari jenjang SMA/sederajat, dan 200 penerima dari kalangan mahasiswa. Beasiswa tersebut diberikan hingga penerima merampungkan masa studinya.

"Program beasiswa yang diselenggarakan Pemkot Malang sesuai program wali kota yakni Malang Bermartabat. Tujuannya untuk mengurai problematika kemiskinan. Pendidikan menjadi salah satu media untuk pengentasan kemiskinan," jelas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Malang, Achmad Mabrur, Sabtu (2/9/2023).

Penerima beasiswa dari jenjang SMA/sederajat tiap bulannya akan mendapatkan Rp 440.000, sedangkan untuk mahasiswa memperoleh Rp 2 juta untuk keperluan pendidikan. Pemberian beasiswa tersebut juga disesuaikan dengan anggaran APBD Kota Malang.

"Itu semua untuk mendukung biaya pendidikan mereka. Bisa untuk bayar UKT, membeli laptop kalau memang diperlukan. Intinya untuk segala sesuatu yang dibutuhkan mereka dalam menunjang pendidikan. Kita bisa dibantu melalui beasiswa ini," lanjutnya.

Pemberian beasiswa tersebut hanya berlaku bagi warga Kota Malang yang kurang mampu namun berprestasi, baik di bidang akademik ataupun non akademik. Beasiswa tersebut biasanya dicairkan setiap tiga bulan sekali langsung pada rekening penerima.

"Penerima beasiswa ini adalah mereka yang belum mendapatkan beasiswa dari manapun. kami tidak ingin penerimanya dobel beasiswa, karena yang jelas masih banyak warga yang butuh difasilitasi," ungkap Mabrur.

Menurutnya, mempermudah akses pendidikan bagi masyarakat akan berdampak baik terhadap tingkat ekonomi di masa mendatang. Pemberian beasiswa tersebut diharapkan dapat mengurangi beban penerima sehingga dapat lebih fokus pada pendidikannya.

"Harapannya memang agar mereka fokus belajar saja. Tidak memikirkan hal-hal yang sifatnya menjadi beban. Ternyata dengan diberikannya beasiswa ini, prestasi penerima itu menjadi lumayan bagus, banyak peningkatan. Bahkan ada yang sampai nilai mata kuliahnya itu sempurna," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Beasiswa Kota Malang Pemkot Malang Bantuan Pendidikan Setda Kota Malang beasiswa kuliah Beasiswa Sekolah Kota Malang