Pemprov Jatim Optimis Angka Stunting Turun 14 persen pada 2024

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

14 Maret 2023 09:51 14 Mar 2023 09:51

Thumbnail Pemprov Jatim Optimis Angka Stunting Turun 14 persen pada 2024 Watermark Ketik
Gubernur Khofifah menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke -51 ditemani Ketua PKK Jatim Arumi Bachsin.(foto:Humas Pemprov Jatim)

KETIK, MOJOKERTO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke -51 dan Pembukaan Jambore Kader PKK Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 di Multifuncition Room Hotel Grand Whiz Trawas, Kab. Mojokerto, Selasa (14/3/2023).

Sebagai Ketua Pembina TP PKK Prov Jatim, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa hari ini para Tim Penggerak PKK memiliki tiga PR penting. Pertama adalah membentuk keluarga yang tangguh, kedua adalah menurunkan angka stunting, dan yang ketiga adalah menurunkan angka pernikahan usia dini.

“PR yang pertama adalah ketangguhan atau ketahanan keluarga . Ketahanan nasional harus dimulai dari ketahanan keluarga. Kedua terkait stunting. Meski angka stunting Jatim sudah dibawah standar WHO yakni 19,2%, namun angka tersebut harus terus ditekan seminimal mungkin," ujarnya.

"Target nasional tahun 2024 adalah 14 persen. Mari kita ihtiar bersama untuk mencapai target 2024 stunting di Jawa Timur bisa 14 persen. Dan yang ketiga yang juga perlu diperhatikan adalah perlunya intervensi kita bersama untuk menurunkan angka pernikahan usia dini,” kata Gubernur Khofifah.

Foto Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke -51 dan Pembukaan Jambore Kader PKK Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.(Foto:Humas Pemprov Jatim)Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke -51 dan Pembukaan Jambore Kader PKK Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.(Foto:Humas Pemprov Jatim)

Terkait penurunan angka stunting, Khofifah mengatakan bahwa perlu adanya Ibu Asuh untuk mendampingi para anak yang terindikasi stunting. Tidak hanya itu, dalam upaya preventif, juga perlu dilakukan pendampingan yang intens pada para remaja dan juga ibu hamil agar tercukupi gizinya sehingga tidak sampai melahirkan anak yang stunting. 

“Karena Intervensinya terlambat jika dimulai sejak kehamilan. Namun penting _life cycle_ sejak remaja untuk dijaga. Jangan sampai kurang zat besi misalnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak menyatakan bahwa dirinya bahagia mengetahui bahwa kini Jatim berada di bawah presentase Stunting yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) yaitu 20%. Di mana, Jatim kini berada di angka 19,2%.

Terkait hal itu, istri Wagub Jatim itu optimis bahwa angka ini dapat menurun hingga mencapai 14% di tahun 2024 melalui bantuan pemerintah, stakeholder, serta semua lapisan masyarakat. Utamanya, apabila semangat untuk mengupayakan penurunan ini dimulai dari dalam keluarga sendiri. 

"Memang di satu sisi kita bahagia karena sudah ada di bawah angka yang ditetapkan WHO tapi tetap kita masih mengingat masih ada PR hingga 14% d tahun 2024 kurang dari satu tahun ini," katanya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Stunting PKK Gizi anak Khofifah