Pendapatan Pedagang di Pacitan Meningkat Berkat Festival Rawat Jagat

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

29 Juli 2023 08:58 29 Jul 2023 08:58

Thumbnail Pendapatan Pedagang di Pacitan Meningkat Berkat Festival Rawat Jagat Watermark Ketik
Seorang pedagang asal Barean, Ploso Indah Sosialita, Sabtu (29/7/2023). (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Festival Rawat Jagat edisi kedua pada 2023 kembali digelar di Kabupaten Pacitan, Sabtu (29/7/2023). Acara ini diinisiasi oleh Konsorsium Kangen Pacitan dan didukung Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Keberadaan Festival Rawat Jagat disambut positif para pelaku UMKM karena bisa meningkatkan pendapatan mereka. Salah satunya dirasakan Indah Sosialita, pedagang minuman segar asal Barean, Kelurahan Ploso.

"Alhamdulillah, pasti selalu ada peningkatan, dibandingkan kalau berdiam diri menunggu pembeli di lapak alun-alun," katanya, Sabtu (29/7/2023).

Indah sehari-hari memang membuka lapak di alun-alun. Namun, demi menggaet pundi-pundi rupiah, ia rela mendorong gerobaknya hingga ke depan Kantor DPRD Pacitan.

"Saya juga senang, kalau ada event seperti ini jadi yang sebelumnya tidak kenal sama pelaku usaha yang lain jadi kenal," ujarnya 

Indah mengaku kerap hadir di setiap acara atau festival dengan berbekal gerobak kuning miliknya. Ia menyediakan minuman segar dan sosis ala kita yang jadi julukan lapaknya, Sosialita.

"Kemarin habis dari gedung olahraga, dari Pantai Pancer. Pokoknya di setiap momen acara insyaallah saya selalu hadir untuk pembeli," imbuhnya.

Indah sebenarnya pernah punya pengalaman kurang bagus ketika hendak membuka lapak pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pacitan. Dia sampai gulung tikar karena acara tersebut digagalkan akibat pandemi Covid-19.

"Dulu sempat membeli jajanan banyak demi acara HUT Pacitan di tahun 2019 tetapi karena Covid-19, gagal semua. Morat-marit lah ekonomi keluarga saya," kisahnya.

Indah berharap kegiatan yang melibatkan pelaku usaha seperti ini terus digalakkan. Menurutnya, gairah perekonomian masyarakat mulai tumbuh kembali setelah sempat dihantam pandemi.

"Saya sangat mendukung adanya acara seperti ini, tak rasa bukan hanya saya, khususnya pedagang lainnya juga sangat mengharapkan hal spesial ini," harapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM INDAH SOSIALITA pacitan Rawat Jagat